Sektor Peternakan Indonesia Sudah Mampukah Imbangi Industri 4.0? Ternyata Harus Seperti Ini Dulu!

Infokampus.news, Malang – Datangnya revolusi industri 4.0 memang cukup membuat ‘kaget’ masyarakat dunia di berbagai bidang, tak terkecuali peternakan. Kemajuan yang diusung dalam revolusi ini memang sangat besar khususnya kemajuan teknologi di berbagai lini kehidupan. Namun di bidang pertanian Indonesia sendiri apa sudah sanggup menghadapi tren revolusi ini?

Yudi Guntara Noor, Ketua Komite Tetap Kadin Bidang Industri Peternakan mengungkapkan banyak hal yang masih harus dilakukan untuk para peternak Indonesia khususnya yang belum menguasai ‘medan’ peternakan modern. Dalam acara Kuliah Tamu “Gebrakan Peternakan di Era Revolusi Industri 4.0” yang digelar Fakultas Peternakan Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) pagi ini (30/10) dirinya menjelaskan Indonesia masih mempunyai banyak peer.

“Bagaimana dengan yang butuh pembinaan? Akses bibit tidak ada, mau jual sendiri harga ditipu tengkulak. Kita perlu Inti yang menjamin itu semua,” terangnya pada para peserta kuliah tamu.

Untuk menghadapi era ini tidak hanya teknologi peternakan saja yang harus diberikan, namun juga pengetahuan terbaru seputar dunia pertanian. “Mereka harus dididik good farming practice,  diberi ilmu untuk keseragaman peternakan sebelum diberi ternak.”

Selain itu modal juga berperan penting untuk kemajuan peternakan Indonesia. “Kemarin di Jabar itu bank Jabar berani memberi modal untuk para peternak baru karena yang menyuplai pakan, dan sebagainya saya. Jangan sampai juga masyarakat dapat harga pakan yang terlampau mahal,” tutupnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Tidak Tiba-Tiba Lulus, Ini Sebenarnya Proses Lulus Bayu Skak

Netizen dihebohkan dengan kabar kelulusan Bayu Skak, seorang youtuber tersohor yang diluluskan Universitas Negeri Malang (UM) padahal 3.5 tahun dirinya...

Close