Selain MEA, SDGs Saat Ini Mulai Jadi Parameter Acuan Indonesia

Infokampus.news, Malang – Baru saja negara kita mengikuti salah satu sistem Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dalam tahun-tahun ini. Namun ternyata, MEA saat ini bukanlah satu-satunya acuan program kesejahteraan masyarakat di Asean, namun kini Indonesia mulai mengikuti standar Sustainable Development Goals (SDGs).

Program sekaligus tolak ukur kemapanan dari sistem SDGs ini tidak hanya berskala sempit secara Asean lagi, namun ini sudah mendunia.

“Sekarang kita sudah tidak hanya dikejar oleh MEA lagi, ada pasangannya sekarang namanya Sustainable development goals (SDGs). Jadi sama saja, perguruan tinggi juga harus mulai membuka pikiran terhadap pedoman baru ini,” papar rektor Universitas Gajayana (UNIGA) Malang Prof. Dyah Sawitri, S.E., M.M.

Miliki 17 Tujuan dan 169 Target

Ia memaparkan pedoman global SDGs ini memiliki 17 tujuan dan juga 169 target bersama yang mulai diberlakukan di setiap negara di dunia, salah satunya adalah Indonesia.

“Ada 17 tujuan dan 169 target, ini kita sudah mulai ikuti meskipun prinsipnya ini harus dicapai nanti tahun 2030 harus semua negara sudah pakai ini,” ujarnya saat ditemui di sela kesibukannya.

Ia mengatakan SDGs lebih bersifat jangka panjang, jadi butuh tenggat waktu tertentu untuk menghasilkan pola sesuai dengan program pembangunan berkelanjutan ini.

“Pada dasarnya hampir sama, tentang kesejahteraan dan kenaikan taraf hidup lalu juga pendidikan yang bagus, tapi yang membedakan dengan MEA ya itu ini pembangunan berkelanjutan jadi tidak akan berhenti meskipun negara kita sudah capai ini di 2030 nanti,” pungkasnya. (pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jelang UNBK, Kemendikbud Minta Pemprov dan Pemda Dapat Bersinergi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dapat bersinergi

Close