Selain Wayang Golek dan Kulit, Tahukah Kamu Tentang Wayang Krucil?

Infokampus.news, Malang – Tahukah kamu selain wayang golek dan wayang kulit ternyata ada salah satu peninggalan budaya yang tidak banyak orang tahu, yaitu wayang krucil. Meskipun terdengar asing, namun ternyata wayang ini sudah sangat lama ada namun, hiburan ini hanya banyak dinikmati oleh warga kabupaten malang tepatnya di kecamatan Gondowangi saja.

Baca Juga:

“Wayang krucil hampir tidak dikenal, suda tertinggalan dan terbenam. Semoga dengan adanya acara ini wayang krucil bisa dikenal oleh masyarakat atau minimal diingat oleh masyarakat meskipun sedikit,” ujar Paiman, dalang wayang krucil saat ditemui di sela acara pemecahan Arekor MURI di UB hari ini (17/12).

Nama wayang ini mungkin terdengar asing di telinga kita namun ternyata wayang ini saudah ada sejak zaman para sunan menyebarkan islam di tanah jawa.

“Wayang ini sudah ada mulai jaman agama islam datang dari mekah, diajarkan oleh para wali hingga menyebar di tanah jawa,” tambahnya.

Beda Konsep, Wayang Krucil Merupakan Media Dakwah Islam

Sekilas jika dilihat dari bentuknya, wayang krucil memiliki kesamaan bentuk dengan wayang kulit dengan tokoh pandawa dan kurawa, namun ternyata wayang ini sedikit berbeda dari wayang kulit yang biasa kita jumpai.

“Pertama ini dari kayu eluh yang lumayan kuat tidak mudah pecah, kedua sebenarnya wayang ini bisa dibuat sesuka hati jadi tidak ada pakem yang harus ini gitu, warnanya pun juga terserah,” papar Paiman pada tim infokampus.news.

Selain perbedaan bentuk dan rupa, ternuata wayang krucil ini dipergunakan sebagai media dakwah Islam. Berbeda dengan wayang kulit maupun wayang golek yang merupakan cerita legenda warisan budaya bangsa.

“Cerita wayang krucil ini beda dengan wayang kulit, krucil ini untuk mengenalkan agama islam pada masa itu. Tapi sampai sekarang ya tetap begitu,” pungkasnya.

Paiman juga menambahkan tokoh yang dimiliki oleh wayang krucil ini juga tokoh-tokoh agama Islam seperti minakjinggo, sunan sunan dan sebagainya. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1000 Mahasiswa UB Pecahkan Rekor Dunia dengan Melukis Wayang Krucil!

1000 mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang hari ini memadati Gedung Gor Pertamina UB untuk mencetak rekor terbaru dunia yaitu melukis...

Close