Selamat! Prodi S2 Teknik Sipil Unhas Berhasil Pertahankan Akreditasi A dari BAN-PT

Infokampus.news –  Departemen Teknik Sipil Universitas Hasanuddin Makassar  berhasil mengukir prestasi gemilang. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) baru saja menyampaikan hasil kunjungan visitasi Asessor BAN PT untuk program studi Magister (S2) Teknik Sipil yang telah dilakukan Asesmen Lapangan (AL) beberapa waktu lalu.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D mengatakan, visitasi asessmen lapangan untuk Prodi Magister (S2) Teknik Sipil dilaksanakan pada tanggal 2-3 Mei 2019 oleh 2 orang assessor yang ditugaskan oleh BAN-PT yaitu Prof. Dr. Ir. Nadjadji Anwar, MSc (ITS) dan Ir. Tri Tjahjono, MSc., PhD. (UI).

“Prodi S2 Teknik Sipil memperoleh nilai yang memenuhi syarat mendapatkan akreditasi nilai A. Akreditasi ini akan berlaku selama 5 tahun,” kata Suharman.

Prodi S2 Teknik Sipil berhasil mempertahankan Akreditasi A yang telah diperoleh sebelumnya. Bahkan secara nilai, lebih tinggi dari pencapaian akreditasi lima tahun lalu. Prodi ini dikelola oleh Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Unhas.

Departemen Teknik Sipil (DTS) mengelola 3 program studi yaitu S1, S2 dan S3 Teknik Sipil. Dengan keberhasilan mempertahankan akreditasi A untuk S2 ini, maka DTS berhasil “sapu bersih” akreditasi A untuk 3 prodi yang dibina.

Prodi S1 mempertahankan Akreditasi A 2 tahun lalu. Sedangkan prodi S3 meraihnya tahun lalu. Pencapaian ini merupakan pertama di Unhas dimana semua prodi (S1, S2, S3) memperoleh Akreditasi A.

Selain itu, Prodi S1 Teknik Sipil juga telah memperoleh pengakuan Akreditasi Internasional AUN-QA sejak 2017 yang lalu. Capaian AUN-QA 2 tahun lalu itu juga merupakan milestone dari pencapaian akreditasi internasional prodi di Unhas.

Bersama dengan Prodi Pendidikan Kedokteran dan Prodi Kesehatan Masyarakat menjadi 3 (tiga) prodi pertama Unhas yang memperoleh pengakuan standar akreditasi internasional AUN-QA. Kini Unhas telah memiliki 15 prodi yang terakreditasi internasional.

“Dengan capaian Akreditasi A pada ketiga prodinya tersebut, ditambah dengan Akreditasi Internasional AUN-QA, Unhas kembali memberi tantangan kepada Departemen Teknik Sipil untuk mengikuti Akreditasi Internasional ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) yang berkedudukan di Amerika Serikat,” kata Suharman.

Prodi S1 Teknik Sipil bersama dengan Prodi S1 Teknik Elektro sementara menyusun Self Studi Report (SSR) sebagai bagian pemenuhan syarat mengikuti Akreditasi ABET. ABET sendiri telah menyampaikan jadwal kunjungan nya ke Unhas pada tanggal 22-26 Oktober 2019 yang akan datang.

Rektor Unhas menyampaikan rasa syukur dan selamat kepada prodi S2 Teknik Sipil yang telah mempertahankan pencapaian akreditasi A. Hasil ini diperoleh karena kerja keras secara bersama dan dukungan semua pihak.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan layanan utama adalah akademik, jaminan mutu terbaik harus dan akan terus dilakukan oleh Unhas. Unhas berkomitmen untuk selalu terdepan dalam memberikan layanan pendidikan terbaik untuk masyarakat.

Selain itu Prof Dwia berharap doa dan dukungan semua pihak sehingga akreditasi internasional ABET dapat diraih oleh Prodi Teknik Sipil dan Teknik Elektro. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
riset lintas disiplin ilmu
Petugas Pemilu Banyak yang Meninggal, UGM Adakan Riset Lintas Disiplin Ilmu

Infokampus.news -  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UGM akan menyelenggarakan riset lintas disiplin ilmu untuk membahas persoalan banyaknya petugas Pemilu

Close