Institut Pertanian Bogor Tahun ini Buka Jalur Mandiri Khusus Ketua OSIS

Infokampus.news – IPB dikenal sebagai perintis beberapa model seleksi masuk Perguruan Tinggi, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), Seleksi bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Ujian Talenta Masuk IPB (UTM IPB), namun untuk tahun ini IPB mengembangkan salah satu skema seleksi calon mahasiswa khusus bagi ketua OSIS selama di SMA.

Kini, di era demokrasi dan desentralisasi, ketika kualitas kepemimpinan di pusat dan daerah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat mendesak, kemampuan akademik lulusan tertentu tentu sangat penting, namun belum cukup memadai untuk menghasilkan pimpinan yang mampu mengatasi masalah pembangunan yang semakin kompleks.

IPB mengalokasikan 130-160 tempat dari total kuota kurang lebih 4000 mahasiswa untuk jalur Mandiri, khusus bagi ketua OSIS yang sekaligus memeiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memeiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Proses seleksi akan dilakukan dengan seksama agar calon yang diterima memenuhi beberapa karaktestik, yaitu kamu pernah menjadi ketua OSIS sekurangnya satu periode di SMA yang diperkuat dengan surat pernyataan Kepala Sekolah, lulusan tahun 2018 jurusan IPA, nilai matematika, fisika, kimia, dan biologi selama 5 semester sekurangnya 80, mengajukan lamaran kepada rektor IPB dengan menyertakan biodata dan kegiatan selama menjadi ketua osis yang diketahui kepala sekolah, membuat sinopsis kontribusi untuk pembangunan Indoneisa di masa mendatang, dan bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.

Untuk kamu Sobat FoKus yang memenuhi kualifikasi dan minat untuk mengikuti seleksi OSIS di IPB, segera mengirim lamaran dengan amplop tertutup dan disebelah kanan ditulis “Lamaran Jalur Ketua Osis” kepada rektor IPB cq Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru, Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB, Dramaga Bogor 16680, mulai 1 April hingga 1 Juni dikirmkan melalui pos ke alamat yang tertuju, info lebih detail silakan kunjungi http://admisi.ipb.ac.id/ketua-osis/

Untuk pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa jalur mandiri, undangan khusus bagi ketua OSIS akan dilaksanakan selama periode 2 Juni 2018 hingga 9 Juli 2018 melalui website admisi IPB dan surat pemberitahuan ke alamat pelamar. (jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Sebagai satu-satunya institut pertanian negeri di Indonesia, Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil membuktikan dirinya layak sebagai panutan bagi institut-institut lain. Tak pernah sepi dari prestasi, kampus yang berdiri pada era kolonialisme ini tak henti-hentinya menanamkan dan memanen sumber daya manusia yang berkualitas. Civitas Akademika IPB inilah yang menjadi ujung tombak keberhasilan IPB. Pada pemeringkatan institusi oleh Kemenristekdikti tahun 2017 kemarin, IPB bertengger di jajaran tiga besar. Hal inilah…
  • Infokampus.news - Selera rakyat Indonesia memang tidak jauh-jauh dari makanan pedas, sebab selain mempunyai banyak resep tradisional yang turun temurun, Indonesia juga memproduksi bahan bakunya sendiri. Bahan baku untuk makanan pedas? Apa lagi kalau bukan cabai. Salah satu komoditas pertanian penting di Indonesia ini kini mulai terancam oleh beberapa hal yang menghambat produksinya, antara lain yaitu pola transportasi dan cuaca yang tak menentu serta hama penyakit yang menyerang bukan ketika…
  • Selamat buat IPB! Sebuah pencapaian penting baru saja diraih oleh Institut Pertanian Bogor yang beberapa waktu lalu peringkat IPB berada di posisi ketiga perguruan tinggi se-Indonesia berdasarkan data yang dilansir oleh Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti).

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Hima MM UWG
Hima MM UWG Lahir di Usia ke-17, Ikawiga S2 Akan Segera Dibentuk

Infokampus.news - Himpunan Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Widyagama (Hima MM UWG) Malang, selama ini seolah-olah hanya milik mahasiswa di prodi

Close