Seleksi Mandiri UGM, Calon Mahasiswa berebut 2.060 kursi

Infokampus.news – Ujian tulis (UTUL) masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) digelar kemarin (14/7). UTUL merupakan seleksi masuk UGM yang menggunakan kombinasi hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dengan nilai UTUL yang diselenggarakan oleh UGM.

Ujian masuk jalur mandiri ini diadakan di lima kota secara serentak, yaitu di Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Pekanbaru dan Medan, sebanyak 45.356 peserta mengikuti ujian.

“Pola ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019, 2018, dan 2017 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti,” kata Rektor UGM Panut Mulyono.

Seleksi ini merupakan bagian dari seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh UGM di samping jalur Penelusuran Bibit Unggul. Sebelumnya, UGM juga telah menerima 1.728 calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan 3.131 mahasiswa lewat jalur SBMPTN.

Panut menyatakan melalui jalur ini UGM akan menerima 30 persen  dari total kuota mahasiswa baru untuk program sarjana, atau sekitar 2.060 melalui seleksi mandiri. Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa UGM akan menerima 250 mahasiswa baru pada 13 program studi Diploma IV, atau sebanyak 30 persen  dari total kuota mahasiswa baru Sekolah Vokasi.

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam penyelenggaraan UTUL, UGM menggandeng beberapa kampus dan sekolah sebagai tempat lokasi pelaksanaan ujian,” kata dia.

Di Yogya, ada SMAN 3 Yogyakarta, SMA Stella Duce, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Materi tes tertulis pada tahun ini meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) yang terdiri atas Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, serta Tes Kemampuan Sosial Humaniora (Soshum) dan/atau Saintek, sesuai kelompok ujian yang dipilih.

Untuk Soshum, materi yang diujikan terdiri atas Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Sementara untuk Saintek terdiri atas Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia.

“Hasil tes akan diumumkan pada tanggal 23 Juli 2019 mendatang,” kata Panut.

Ditambahkan oleh Iva Ariani, juru bicara UGM,  seandainya peserta yang mengikuti UTUL tadi belum dapat diterima, jika berminat mereka dapat mendaftarkan diri kembali untuk mengikuti seleksi Sekolah Vokasi UGM melalui Jalur Nilai UTUL.  (Jul)

Leave a Reply

Your email address will not be published.