Seleksi Mandiri UM, Buka Jalur Tes Berbasis Komputer TMBK

Infokampus.news – Berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru, Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan sosialisasi penerimaan maba jalur mandiri UM. Penerimaan maba jalur mandiri UM tahun ini memiliki dua opsi yakni seleksi berdasarkan skor UTBK-SBMPTN 2019 yang mana peserta tidak perlu mengikuti Tes Mandiri Berbasis Komputer (TMBK) UM sedangkan opsi yang kedua yaitu seleksi berdasarkan skor TMBK UM yang mana peserta mengikuti tes tulis yang dilakukan UM. Sosialisasi yang dipimpin oleh Kepala UPT Satuan Penjaminan Mutu (SPM) UM Dr. H. Imam Agus Basuki, M.Pd. dilaksanakan di Ruang Rapat BAKPIK Gedung Graha Rektorat Lt. II pada Jumat (21/6).

Sosialisasi yang dihadiri oleh Wakil Dekan I FIP, Kepala Biro APIK, Kepala UPT SPM, Kepala UPT PTIK, Staf Ahli Wakil Rektor I, Kabag Keuangan, Kabag Akademik, Kasubag Sistem Informasi, Kasubag Humas, Kasubag TU UPT PTIK, Kasubag Non Penerimaan Negara Bukan Pajak, Kasubag Registrasi dan Statistik, Kasubag Akademik dan Evaluasi, Tendik Sub. AE, Tendik Sub. RS, Tendik Sub. SARAK, dan Tendik Sub. Humas.

Baca Juga :  Indonesia Harus Bersiap Hadapi Bencana Demografi

Dr. H. Imam Agus Basuki, M.Pd. memaparkan persyaratan dan mekanisme pendaftaran mandiri UM serta hal yang terkait dengannya. Adapun persyaratannya ialah lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara (tidak harus mengikuti UTBK-SBMPTN tahun 2019) dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 untuk setiap jenis seleksi. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwasanya

“Kartu peserta jalur TMBK UM tidak dapat langsung dicetak  berbeda halnya dengan UTBK-SBMPTN yang sudah bisa langsung dicetak. Peserta dapat mencetak kartu TMBK UM setelah pedaftaran TMBK UM selesai dan akan ada petunjuk terkait pencetakan kartu peserta TMBK”, terangnya.

Pendaftaran jalur mandiri UM dibuka pada tanggal 26 Juni-12 Juli 2019, sedangkan untuk pelaksanaan TMBK UM akan dilaksanakan 16-18 Juli 2019. Pengumuman hasil seleski TMBK UM akan diumumkan pada tanggal 24 Juli 2019 di websiteresmi UM, yakni  seleksi.um.ac.id. Terkait mekanisme pendaftaran TMBK UM lebih lanjut akan dilakukan simulasi pendaftaran TMBK UM khusus para pegawai UM pada Senin (24/6) yang akan diarahkan langsung oleh Kepala UPT PTIK dan stafnya. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *