Sensus Penduduk 2020 Goes to UB, Mahasiswa Diharapkan Update Teknologi Informasi

INFOKAMPUS.NEWS Bagian Kemahasiswaan Universitas Brawijaya (UB) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang menyelenggarakan kegiatan “SP2020 Goes to Campus”. Kegiatan  yang diadakan pada hari Sabtu (7/12/2019) ini bertujuan mensosialisasikan Sensus Penduduk 2020 (SP2020).

Berbeda dengan Sensus Penduduk sebelumnya, SP2020 menggunakan metode kombinasi. Sekarang sensus penduduk  memanfaatkan data hasil registrasi penduduk dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri sebagai basis data dasar.

Data dasar tersebut akan menjadi sumber acuan bagi petugas sensus dalam melakukan verifikasi dan pendataan di lapangan.

Kepala BPS Kota Malang Drs. Sunaryo mengatakan BPS akan melaksanakan sensus penduduk pada tahun 2020 untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia, menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

Salah satu terobosan besar dalam SP2020 adalah pemanfaatan teknologi informasi dalam proses bisnisnya. SP2020 akan dilakukan secara online dan offline.

Sensus Penduduk Online dilaksanakan pada tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020, melalui link sensus.bps.go.id yang akan dirilis pada saat periode sensus dimulai.

Baca Juga :  Kominfo Larang 11 Data Ini Disebar di Media Sosial

Sementara secara offline akan dilakukan Sensus Penduduk Wawancara, yaitu pendataan secara door to door pada seluruh wilayah di Indonesia selama Juli 2020.

Pendataan secara offline dilakukan oleh petugas sensus yang terlatih melalui Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) atau Pencil and Paper Interview (PAPI).

Masyarakat yang telah mengisi datanya secara online, tidak akan diwawancarai pada pendataan Bulan Juli.

Sunaryo berharap agar mahasiswa bisa berpartisipasi penuh pada Sensus Penduduk Online.

“Mahasiswa dituntut untuk mampu mengikuti setiap perubahan zaman yang terjadi, dan keberhasilan menaklukkan zaman mutlak memerlukan data,”kata Staf ahli Wakil Rektor 3 Bidang Kesejahteraan Mahasiswa.

Kegiatan yang berlangsung di gedung G lantai 2 Fakultas Ilmu Komputer ini juga dihadiri Staf Ahli WR III Bidang Penalaran DR. Agung Pramana. (Hum/Azi/Rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *