Seperti Ini Lho Kurikulum Baru Universitas Negeri Malang yang Akan Dimulai Tahun 2018!

Infokampus.news, Malang – Kurikulum baru yang dirintis oleh Universitas Negeri Malang terbilang cukup inovatif dan sangat berbeda dengan kurikulum yang ada sebelumnya. Diberi nama Kurikulum Kapabilitas dan Transdisipliner ini memungkinkan mahasiswa mengambil mata kuliah elektif atau pilihan di fakultas lain.
Mahasiswa bebas menentukan mata kuliah yang paling cocok untuk mereka di 58 prodi strata 1 yang ada di Universitas Negeri Malang. “Total sekitar 10 sks mata kuliah pilihan bisa mereka ambil sesuai dengan minat mereka. Misal mereka tata boga Fakultas Teknok butuh untuk bagaimana cara pemasaran bisa mengambil mata kuliah marketing di Fakultas Ekonomi.” Tukas Prof. Dr. Budi Eko wakil rektor 1 UM pada wartawan.
Rencananya mata kuliah ini akan mulai dirintis untuk angkatan tahun 2018/2019 dan seterusnya. Namun demikian masih akan ada tahap observasi dan pengembangan lanjutan jika diperlukan. Diharapkan di tahun 2020 nanti semua program studi di UM sudah bisa menggunakan kurikulum yang telah sempurna.
Sejalan dengan sistem ini, salah seorang mahasiswa mengaku cukup senang. Pasalnya tidak akan ada lagi berebut kelas dengan kakak atau adik tingkat di prodi yang sama. “Tidak rebutan karena bisa ambil di fakultas lain, dan juga  tidak ada lagi kehabisan kelas, semoga.” Tukas Putri mahasiswa yang tengah duduk di semester 8.
Ternyata program ini masuk dalam project 4in1 yang tengah digarap di bawah koodinasi Kemenristekdikti.
“Ini termasuk dalam project 4in1 yang didanai the Islamic Development Bank (IDB) di bawah koordinasi direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek-Dikti. Total untuk keseluruhan anggaran dari project ini 47 juta dollar USD. Termasuk juga proyek twin tower yang sekarang sedang dibangun.”  Tutup Apif M. Hajji, Staff Ahli Wakil Rektor 4 UM. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Resmikan Tax Center
Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi Resmikan TAX Center

Infokampus.news – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi kembali membuat gebrakan. Bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak

Close