Serat Nanas Jadi Media Tanam Apung Ala Siswa Bangka Belitung Ini!

Infokampus.news, Malang – Serat nanas jadi media tanam apung karya dua siswa asal SMK Negeri 2 Koba Kabupaten Bangka Belitung ini sangat mengundang perhatian. Pasalnya dua siswa yakni Amri saputra dan Imron ini memanfaatkan limbah sebagai media tanam di tempat bekas tambang yang juga sudah ditinggalkan masyarakat sekitar.

“Jadi di kolong (Danau Buatan)  pasca penambangan timah itu ditinggalkan oleh masyarakat sekitar karena kan banyak logam berbahaya,” tukas Imron pada tim infokampus.news dalam Young EcoTech yang digelar di American Corner UMM beberapa waktu lalu.

Ia menyayangkan hal ini dan mencoba untuk mencari cara memanfaatkan danau buatan yang sudah tercemar ini. Ahirnya muncul lah ide untuk membuat media tanam terapung.

“Kami berpikir bagaimana kalau menanam tanaman apung saja, karena produksi tanaman di Bangka tahun ini juga turun dibandingkan tahun kemarin hingga 25,4%.” tambahnya.

Serat Nanas Jadi Media Tanam Apung, Modifikasinya Mampu Netralisir Limbah

Ahirnya ia mencoba mencari tanaman apa yang tepat untuk proyeknya ini, dan tentu berasal dari limbah ula. Ahirnya ia menemukan daun nanas yang memang tidak banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

“Daun ini kami ambil hyper seratnya, lalu menggunakan karbon aktif serat ini kami bakar dan dicampur NaOH. Serat nanas ini memiliki selulosa yang juga mampu menetralisir air logam,” paparnya.

Lalu ia juga menambah arang sebagai absorben yang dicairkan dengan kulit jeruk sebagai tanah. Lalu agar prototypenya ini bisa mengapung ia tempeli bagian luar media serat nanas ini dengan stereofoam yang sudah dicairkam dengan sitrus.

“Ada sensor panel juga untuk kontrol kalau sudah waktu panen,” Tandasnya. Dengan penemuannya ini ia berharap masyarakat mampu memanfaatkan segala bentuk limbah dengan baik dan juga meningkatkan lagi jumlah produksi sayuran di Bangka Belitung yang menurun. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Punya Passion di Dunia Fashion? Ini Daftar 8 Sekolah Fashion Terbaik di Dunia!

Potensi industri kreatif di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, Salah satu yang mengalami perkembangan signifikan adalah dunia industri...

Close