Setelah 10 Tahun Menunggu, Akhirnya Fadel Muhammad Dikukuhkan Jadi Guru Besar ke-20 FIA UB

Infokampus.news, Malang – Besok (23/8) Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad resmi dikukuhkan menjadi guru besar Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang ke-20. Rata-rata pada umumnya hanya membutuhkan waktu 2-3 tahun untuk menjadi guru besar, namun demikian mantan gubernur ini mengaku puas dengan pencapaian yang terbilang lama ini.
Pasalnya ia menjadi lebih matang dan sempurna dalam mengerjakan disertasinya yang berjudul “Peran Kewirausahaan Sektor Publik ‘Model Fadel’ Untuk Peningkatan Kwalitas Kinerja Pemerintah Daerah”.
“Kalau ini kan saya praktek dulu terjun dulu di lapangan melihat masalah, baru mencari teorinya,” paparnya dalam konferensi pers.
Meskipun menjadi guru besar cukup rumit dan membutuhkan proses yang panjang terlebih di kampus UB, guru besar yang akan dikukuhkan dengan kepakaran di sektor publik ini mengaku tetap ingin menjadi guru besar pertama di kampus ini. “Saya yang pertama di sektor ini, dan nanti semoga bisa ditularkan dan akan lebih banyak lagi junior yang juga mengambil dalam bidang ini.” Tukasnya.
Karena di Indonesia masih belum banyak yang melirik manajemen publik untuk diteliti padahal menurutnya di luar negeri sudah sangat banyak. Selain itu, dalam disertasinya ia menemukan bahwa salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah adalah dengan menerapkan sistem baru yang serupa dengan perusahaan swasta.
“Jadi insentif itu ya untuk yang berprestasi, prestasi itu juga harus jelas ukurannya. Percuma kan kita kerja kerja kerja tapi tidak ada ukuran yang jelas. Apalagi kalau tidak kompeten di bidangnya ya percuma hanya buang-buang anggaran saja,” Tutupnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Eksplorasi Kecerdasan, Mahasiswa Unikama Gandeng 90 Siswa SD

Kelompok tiga mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) 2018 gelar Lomba Ranking satu. Kegiatan yang diikuti 90...

Close