Setelah KMHE 2019, UM Jadi Tuan Rumah untuk Ajang FIP-JIP 2019

INFOKAMPUS.NEWS – Universitas Negeri Malang (UM), Fakultas Ilmu Pendidikan dan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIPJIP) menyelenggarakan Panca Lomba, pada Hari Rabu (02/10). FIP JIP diselenggarakan 2 tahun sekali, dimana pada tahun 2017, Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi tuan rumahnya.

FIPJIP 2019 diikuti 12 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 40 Perguruan Tinggi Swasta (PTS). FIPJIP  dapat diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan atau Jurusan Ilmu Pendidikan.

 

Pembukaan Final Panca Lomba FIPJIP Tahun 2019 dilaksanakan di Gedung Kuliah Bersama (GKB) D2 FIP UM. Sedangkan pengumuman lomba serta penutupan akan diselenggarakan di Singhasari Resort keesokan harinya.

 

Dr. Asep Sunandar M.Pd, M.AP, selaku Ketua Pelaksana Panca Lomba FIPJIP, menyampaikan bahwa meski di Kemenristekdikti sudah banyak lomba tingkat nasional, namun belum ada yang bisa diikuti oleh FIP.  “Sebetulnya inisiasi dari lomba ini UM, yang sebelumnya hanya pertemuan ilmiah para dosen yang presentasi hasil riset maupun publikasi Proceeding” .

 

Diantara lomba tersebut diantaranya, hasil penelitian pendidikan, laporan penelitian, artikel ilmiah bidang pendidikan, inovasi belajar, Web organisasi kemahasiswaan, kreasi seni.

Baca Juga :  Mendikbud Nadiem Makarim Wujudkan Wacana Hapus Ujian Nasional di Tahun 2021

 

Asep menjelaskan bahwa ada dua tahap dalam Panca Lomba, yang pertama para peserta dimita mengirimkan portofolio mengenai artikel inovasi pembelajaran serta karya ilmiahnya, termasuk pula hasil penelitian. Jika sudah menekukan skor keseluruhannya, akan kami umumkan masing-masing juara yang pertama, kedua dan juara umum.

 

Acara  Pembukaan  Forum Ilmu Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) akan dilanjutkan pada hari Kamis, 3 Oktober 2019,The Singhasari Resort, Kertanegara Hall  dimana akan hadir MENDIKBUD dan MENRISTEKDIKTI.  (Rfl)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *