Setiap Jumat, Pintar-Pintar Pilih Parkir di UM

Infokampus.news, Malang – Beberapa mahasiswa pernah mengalami pengalaman kurang mengenakkan saat berlakunya car free day di UM. Mereka salah parkir sehingga harus memilih antara berjalan kaki dari satu gerbang ke satu sisi gerbang yang lain atau kembali dan memutar lewat luar kampus.

“Pernah, sebenarnya mau ke gedung Q3 (terletak di dekat gerbang Jl Veteran), tapi kok saya masuknya lewat Jl Surabaya,” kata Bagus Setiawan, mahasiswa semester akhir Jurusan Pendidikan Seni Tari dan Musik.

Bagus mengaku lupa jika hari itu adalah hari Jumat, sehingga dia masuk dari gerbang Jl Surabaya seperti hari-hari biasa dengan bayangan dia bisa berkendara sampai gedung kuliahnya lewat dalam kampus. Dia akhirnya memilih untuk putar balik setelah mengetahui hari itu adalah hari Jumat.

“Bisa capek dong kalau jalan, orang UM itu luas. Daripada jalan kaki sepanjang UM lebih baik saya muter saja lewat luar,” cerita Bagus.

Sudah Berlaku Hampir 2 Tahun

Universitas Negeri Malang (UM) memberlakukan car free day setiap hari Jumat. Jika pada hari-hari biasa para mahasiswa pengguna kendaraan bermotor bebas berkeliaran di dalam kampus UM, namun setiap hari Jumat hal semacam itu tidak akan terlihat.

Setiap kendaraan bermotor harus diparkir di area-area parkir yang telah ditetapkan, seperti di sekitar gerbang UM Jl Surabaya, gerbang Jl Semarang, serta gerbang Jl Veteran. Untuk masuk ke kampus lebih jauh, para warga UM diharuskan untuk berjalan kaki atau menggunakan sepeda angin.

Peraturan ini sebenarnya sudah diberlakukan hampir sekitar dua tahun yang lalu, tepatnya sejak tanggal 15 Mei 2015. Peraturan ini berdasarkan surat edaran nomor 13.5.20/UN32.II/TU/2015 yang dikeluarkan pada tanggal 13 Mei 2015.

Yang membuat kebiasaan ini sedikit pelik adalah kadang masih ada beberapa mahasiswa yang entah lupa hari atau lupa peraturan, sehingga menganggap hari Jumat tidak ada bedanya dengan hari-hari yang lain. (Art)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HUT Kota Malang Ke-103, Pakar Tata Kota UB Harapkan Perencanaan Tata Kota Yang Konsisten

Infokampus.news - Dalam Rangka HUT Kota Malang Ke-103. perencanaan Tata Ruang Kota diharapkan bisa menjadi panglima pembangunan di Malang.

Close