Siap Mengabdi, Relawan Pajak FEB UNISMA Bacht II Dilaunching

INFOKAMPUS.NEWS – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas  Islam Malang (Unisma) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Jawa Timur III  mengadakan kegiatan tahunan dalam rangka upaya mendukung program pemerintah pusat terkait dengan pengisian dan penyampaian SPT Pajak Orang Pribadi dan Badan Usaha.

Sebelum terjun ke masyarakat, mahasiswa diberikan pelatihan yang diadakan selama sepuluh hari berturut-turut pada tanggal 13 Desember -23 Desember 2019 di Tax Center FEB Universitas Islam Malang.

Kegiatan ini dinamakan  Relawan Pajak 2019 dan diikuti oleh mahasiswa Semester Akhir Studi Akuntansi dan Manajemen Universitas Islam Malang yang telah mendapatkan mata kuliah Perpajakan dan Akuntansi Pajak.

Kegiatan ini bertujuan mendorong mahasiswa Akuntansi dalam  upaya memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui  asistensi pengisian SPT Tahunan serta pendampingan dalam Penyusunan Laporan Keuangan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Acara Pelatihan Relawan Pajak Bacht II ini dibuka Secara Langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang, Ibu Nur Diana SE, MSi yang dalam Sambutannya mengatakan Apresiasinya atas berlangsungnya kegiatan ini serta ucapan Terima Kasih kepada Kanwil Pajak DJP III atas penghargaan yg diberikan kepada FEB UNISMA.

Baca Juga :  Ghost Writer 2 Akan Tayang di Bioskop Indonesia Mulai 21 Juli 2022, Simak Sinopsisnya!

” Terima kasih kami ucapkan kepada Kanwil DJP Jawa Timur III atas penghargaan yg di Berikan kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang yg telah menobatkan Sebagai Pilot Project Pembelajaran Inklusi Kesadaran Pajak di Jawa Timur” Semoga kedepan Tax Center FEB UNISMA semakin berprestasi lagi. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi dan membantu para sahabat UMKM di wilayah Malang Raya agar mampu memgelola keuangan usaha serta menyusun laporan keuangan dengan baik.

” Atas tujuan ini FEB UNISMA sengaja mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak dengan menerjunkan mahasiswanya sebagai Relawan Pajak . Relawan ini perlu dilatih terkait penyusunan pelaporan keuangan UMKM berbasis Android yang mana sistem ini mengatasi kesukaran dalam menyusun laporan keuangan sebagaimana problen klasik yang dihadapi wajib pajak dari UMKM,” ungkapnya.

” Dengan pelatihan ini kami harapkan relawan pajak FEB UNISMA dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesadaran wajib pajak sehingga dapat meningkatkan penerimaan negara dari sektor perpajakan.

Baca Juga :  7 Peluang Kerja Teknik Nuklir yang Perlu Diketahui!

Relawan Pajak kali ini diikuti oleh mahasiswa aktif yang berada pada semester 5 dan 7 dengan total peserta 130 peserta. Pelatihan ini berlangsung interaktif dengan berbagai antusiasme mahasiwa dalam hal tanya-jawab seputar SPT Tahunan Orang Pribadi dan Badan Serta Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berbasis Android.

Kegiatan ini merupakan langkah awal Relawan Pajak dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat. Terkait kegiatan ini, Relawan Pajak akan hadir pada bulan Maret 2020 mendatang di Universitas Islam Malang untuk melakukan Asistensi kepada segenap Dosen dan Karyawan Universitas Islam Malang untuk mendukung partisipasi warga Civitas UNISMA dan Wajib pajak Malang Raya dalam pemenuhan kewajiban membayar pajak.

Pada Acara tersebut juga dibagikan Sertifikat Relawan Pajak Bacht I dari Kanwil DJP Jawa Timur III atas kontribusi mahasiswa FEB UNISMA dalam bidang perpajakan setelah sebelumnya Tax Center FEB UNISMA telah menerima Penghargaan sebagai Pilot Project Pembelajaran Inklusi Kesadaran Pajak di Jawa Timur .

Pelatihan ini dibimbing langsung oleh pihak Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jawa Timur II dan dosen FEB Universitas Islam Malang yang Ekspert dibidang Perpajakan.

Baca Juga :  Hasil Seleksi Mandiri Undip 2022 Sudah Diumumkan, Cek Biaya Kuliahnya

Sementara itu bapak Rully Anwar dari Kanwil DJP Jawa Timur III mengatakan Negara Indonesia bisa mandiri melalui sektor pajaj. maja dari itu generasi Miilenial wajib menjaga kontinuitas negara Indonesia melalui kemandiriannya yg dibiayai sektor pajak. Ada 3 sumber pembiayaan negara diantaranya dari sumberdaya alam, pajak dan hutang.

Maka dari itu pajak adalah milik kita semua dan sejak dini kita wajib memahami hak dan kewajiban kita sebagai wajib pajak sebagai bentuk kecintaan kita pada tanah air Indonesia. (Rls/Rfl)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.