Sikapi Perubahan Sosial Antara Masyarakat Lokal dan Pendatang, Mahasiswa Ini Jadi Wisudawan Terbaik UNAIR

Infokampus.news – Lisda Bunga Asih mahasiswa S-1 Sosiologi FISIP Universitas Airlangga menyusun skripsi bertajuk “Perubahan Sosial Akibat Interaksi Antara Masyarakat Lokal dan Pendatang (Studi pada Perkembangan Kampung Inggris Desa Tulungrejo dan Desa Pelem Kecamatan Pare)” dengan mengangkat kehidupan masyarakat pedesaan di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

Berkat skripsi tersebut Lisda Bunga Asih berhasil menyabet gelar wisudawan terbaik FISIP Universitas Airlangga dengan IPK 3.87. Skripsi sendiri berfokus pada perubahan sosial yang ada pada kehidupan masyarakat lokal setelah banyaknya pendatang yang masuk di dua desa yang dikenal dengan ”Kampung Inggris”.

”Dalam skripsi ini saya mengaitkan dampak globalisasi yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat desa hingga memunculkan perubahan gaya hidup, perubahan hubungan sosial dalam masyarakat dan perubahan kontrol sosial di lingkungan “kampung Inggris,” ungkapnya.

“Maklum, rumah saya dekat dengan Kampung Inggris. Saya dapat melakukan penelitian partisipatif dengan terlibat dalam kehidupan masyarakat di dua desa dengan mengikuti kursus selama dua minggu di Desa Pelem,” pungkasnya.

Mahasiswa UNAIR : Kekentalan Tradisi Bukti Perlunya Perubahan Kontrol Sosial 

“Jika sebuah masyarakat yang telah memiliki tradisi guyub rukun sejak lama, lantas banyak hadir pendatang baru ke daerah itu, pasti akan terjadi akulturasi budaya dan kekentalan kekerabatan antar masyarakat semakin hilang,” paparnya.

Bersama teman-temannya Lisda Bunga Asih merintis KPS (Komunitas Peneliti Sosial) yang nantinya akan menjadi wadah calon peneliti dan peneliti untuk berkarya dan berbagai ilmu demi menciptakan solusi bagi permasalahan masyarakat berbasis penelitian sosial. (has)

Sumber : http://news.unair.ac.id/

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAIR Wakili Indonesia di Ajang Kecantikan Tingkat International

Revindia Carina mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga angkatan 2014 akan mewakili Indonesia di ajang Miss Global Beauty

Close