Simak Prosedur Pendaftaran SBMPTN 2017!

Infokampus.news – Guna mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), ada sejumlah jalur seleksi yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa. Salah satunya adalah melalui Pendaftaran SBMPTN 2017 ini.

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 akan dibuka pada 11 April sampai 5 Mei 2016. Ujian tersebut akan dilaksanakan pada 16 Mei 2017, di mana pada hari itu juga bersamaan dengan pendaftaran ulang bagi peserta yang lolos pada jalur SNMPTN.

Sementara itu, ujian keterampilan akan dilakukan pada 17 sampai 18 Mei 2017. Para siswa yang telah mendaftar dan melakukan ujian pada seleksi SBMPTN 2017 tersebut, bisa melihat hasilnya pada 13 Juni 2017.

SBMPTN ini dilaksanakan dengan dua pilihan, yakni paper based dan CBT. Untuk SBMPTN CBT 2017 ini disediakan bagi 30 ribu peserta.

Ketentuan Umum dan Persyaratan SBMPTN 2017
1. Ketentuan Umum

SBMPTN 2017 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

2. Persyaratan

a. Pendaftaran

1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2015 dan 2016 harus memiliki ijazah.
2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
3. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

b. Penerimaan

Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2017, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Prosedur Pendaftaran SBMPTN 2017

Pendaftaran SBMPTN 2017 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id mulai tanggal 4 April 2017.
Pendaftaran online Paper-Based Testing (PBT) dan Computer-Based Testing (CBT) dan dibuka dari tanggal 11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran online CBT akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi.

Itulah informasi prosedur pendaftaran SBMPTN 2017! bagi Sobat Fokus yang ingin mendaftar Bidikmisi jalur SBMPTN Sobat bisa melihat informasi selengkapnya disini. Mari bagikan informasi ini kepada kerabat atau teman supaya mereka mendapatkan informasi dengan cepat. Selamat mencoba! (FAM)

 

Sumber: sbmptn.ac.id

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UNS Tambah Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ini

Universitas Sebelas Maret (UNS) menyediakan sebanyak 6.291 kuota untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

Close