Simak Universitas Indonesia Akan Diumumkan Hari Ini, Cek Jamnya

Infokampus.news – Hari ini, tanggal 31 Juli  hasil dari seleksi masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI 2019) akan resmi diumumkan untuk program vokasi, S1 reguler dan S1 paralel. Pada tahun ini tercatat sebanyak 53.712 peserta yang mengikuti SIMAK UI yang diantaranya berasal dari program pendidikan D3 hingga S3.

Hasil dari SIMAK UI 2019 untuk proram S1 reguler, S1 paralel dan vokasi ini dapat dilihat secara online di laman resmi UI https://penerimaan.ui.ac.id/ yang akan diumumkan pada pukul 13.00 WIB. Sedangkan untuk program pascasarjana dan S1 kelas internasional akan diumumkan pada tanggal 5 Agustus 2019. Sebelumnya seleksi jalur ini (vokasi, S1 reguler dan S1 paralel) sudah dibuka pada tanggal 10 Juni sampai 10 Juli 2019 lalu dengan tanggal ujian seleksinya yaitu pada tanggal 21 Juli lalu.

SIMAK UI sendiri merupakan salah satu jalur seleksi calon mahasiswa UI untuk semua program pendidikan, yakni jenjang Vokasi (Diploma 3), Sarjana (S1) Kelas Reguler, Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Kelas Ekstensi/Paralel bagi lulusan D3, Profesi, Magister, Spesialis, dan Doktoral (S3). Dalam SIMAK UI ini, para calon mahasiswa program Vokasi dan Sarjana diperbolehkan untuk memilih lebih dari satu hingga maksimal enam program studi dalam sekali pendaftaran dan ujian. Dan pada jalur seleksi ini, UI membuka kesempatan bagi peserta bidikmisi untuk mendaftarkan dirinya dan mengikuti seleksi di UI.

Baca Juga :  Kampus Unikama Bakal Terima 2000 Mahasiswa Baru di Tahun 2022

SIMAK UI tahun ini dilaksanakan di beberapa sekolah dan universitas yang tersebar kota-kota besar. Kota-kota tersebut diantaranya ada DKI Jakarta (lima wilayah kota), Depok, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Bogor, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Medan , Padang, Pekanbaru, Palembang, dan Makassar.

Adapun kuota yang disiapkan UI untuk jalur penerimaan program  S1 Reguler sebanyak 30 persen (SNMPTN), kemudian 40 persen (SBMPTN), dan 30 persen (SIMAK UI). Kemudian untuk kuota jalur penerimaan program vokasi UI sebanyak 30 persen (SIMAK UI) dan 70 persen (PPKB). Dan untuk kuota Jalur Penerimaan program S1 paralel sebanyak 50 persen (SIMAK UI) dan 50 persen (PPKB). Yang terakhir yaitu untuk kuota jalur penerimaan program S1 kelas internasional UI adalah 60 persen (SIMAK UI) dan 40 persen (Talentscouting UI). (Jul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *