Ajarkan Simulasi Untuk Dalami Masalah Penataan Wilayah

Infokampus.news, Malang – Hari jadi jurusan teknik Geodesi ITN yang ke-32 dimeriahkan oleh serangkaian workshop mengenai masalah penataan wilayah sekaligus sertifikasi tenaga ahli surveyor. Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari ini 21-23 maret, dijadwalkan workshop untuk hari pertama dan proses sertifikasi untuk hari kedua dan tiga.

Dengan melakukan simulasi mengenai pengukuran dan penataan daerah menggunakan media drone untuk pemotretan jarak dekat dengan UAV dan GPS. Penjelasan mengenai cara kerja pesawat tanpa awak dan pengukuran gedung dengan media GPS, Totalstation dan Drone ini menarik peserta untuk mempelajari cara kerja alat.

Workshop dihadiri oleh 48 guru SMA yang tergabung dalam musyawarah guru mata pelajaran geografi se-Jawa Timur, 12 guru SMK Geomatika serta mahasiswa UM dan ITN.

Salah Satu Faktor Masalah Penataan Wilayah Adalah SDM

Ir. Agus Darpono M.T selaku ketua pelaksana menjelaskan jika tujuan utama kegiatan ini untuk menyiapkan SDM di bidang survei.

“Mempercepat pengadaan SDM bidang survei khususnya untuk surveyor berlisensi dan asisten surveyor,” paparnya.

“Kami berusaha untuk memotivasi guru beserta staf pendidikan agar dapat menyiapkan para siswa untuk dijadikan asisten surveyor,” ungkapnya.

Dengan program ini ITN akan berkontribusi dalam penyediaan SDM untuk pemerintah.

“Ada 5 juta persil yang harus dipetakan, sedangkan SDM yang ada hanya 2300. Ini salah satu upaya untuk mewujudkan target yang sudah ditentukan,” terangnya.

Sertifikasi sendiri dilakukan khusus untuk klasifikasi tenaga ahli Geodesi Ahli Muda, Ahli Madya dan Ahli Utama untuk setingkat sarjana. Untuk asisten surveyor sendiri harus mendaftar dulu dan mendapatkan rekomendasi dari sekolah.

Sertifikasi dilakukan oleh Badan Asosiasi Profesi dan Lembaga Sertifikasi. Fokus kegiatan ini sendiri untuk memancing motivasi serta memberikan wadah dan peluang untuk masyarakat. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengupas Arti Dari Bela Negara

Untuk meningkatkan semangat bela negara dalam rangka mewujudkan pertahanan negara yang tangguh, Universitas Widyagama Malang (UWG) menggelar seminar sosialisasi untuk...

Close