Sistem Berubah, Kuota Mahasiswa Jalur SNMPTN 2019 Makin Menipis!

Infokampus.news, Malang – Merujuk dari press rilis resmi yang dikeluarkan Kemenristekdikti 22 Oktober lalu, kuota SNMPTN 2019 agaknya akan mengalami penurunan. Nantinya kuota penerimaan dari jalur SNMPTN maksimal 20%, SBMPTN maksimal 40% dan Mandiri maksimal 30%. Hal ini diungkapkan langsung oleh menristek M. Nasir pada wartawan beberapa waktu lalu pada awak media.

Selain itu tahun depan pemerintah juga tetap membebaskan PTN untuk memilih tetap menyelenggarakan tes jalur mandiri atau menggunakan hasil nilai tes UTBK saja dalam seleksi tahap akhir ini. Bedanya tahun ini, jika dalam ujian tes tahun kemarin ada 3 jenis tes yakni UTBK, UTBC dan dan UTBK dengan android, tahun 2019 penggunaan android dalam tes kemungkinan tidak akan dipergunakan lagi. Hal ini dikarenakan masih ada tinjauan lebih mendalam terhadap penggunaan android ini sendiri.

Disamping itu pemerintah juga sudah membentuk lembaga khusus penyelenggara seleksi masuk PTN permanen yakni bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Dengan adanya panitia yang menggantikan Panpus SBMPTN (panitia penyelenggara tes pada tahun-tahun sebelumnya) Kemenristekdikti berharap seleksi menjadi lebih fokus sesuai dengan hasil yang diharapkan. (Pus)

Baca Juga :  10 PTN Dengan Nilai Rerata Diterima Tertinggi SAINTEK pada SBMPTN 2019

Sumber: Istimewa

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *