STIKI Bangun Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Daerah

Infokampus.newsSTIKI Malang memberikan solusi tepat bagi pemerintah daerah dalam rangka peningkatan layanan. Yakni melalui pelatihan sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) berbasis online.

Kerja sama ini dilaksanakan dengan Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Kepala Pusat Pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer (PPTIK) STIKI Malang Meivi Kartika Sari, S.Kom, MT menuturkan, pelatihan sistem informasi ini diikuti oleh ASN di kepulauan Pulang Pisau. “Selama ini pengelolaan data pegawai dilakukan manual dengan program (Microsoft Office) Excel. Kami mengenalkan sistem online agar memudahkan pendataan pegawai di sana,” ujar Meivi.

Pengelolaan data sistem konvensional, menurutnya sudah tidak efektif lagi saat ini. Contohnya saja untuk kebutuhan kenaikan pangkat, maka secara otomatis sistem akan menyajikan data lebih mudah, cepat dan akurat seperti informasi tahun pengangkatan sebagai PNS, dan lainnya. Manfaat terpenting dari sistem informasi manajemen kepegawaian ini adalah memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian.

Selain memberikan pelatihan, STIKI juga melakukan pendampingan selama MoU berjalan. Pendampingan ini diperlukan ketika ada masalah error pada sistem yang dipakai atau kendala lainnya. Lebih jauh dijelaskannya, kerja sama untuk peningkatan SDM pemerintah daerah dalam hal IT juga dilakukan STIKI bersama Pemkot Malang.

Dalam kerja sama ini, STIKI telah melatih sejumlah UMKM dan juga ASN di Kota Malang. Seperti beberapa waktu lalu, PPTIK STIKI Malang mengajak 200 masyarakat yang didominasi para wanita dari karang taruna, kelurahan, UMKM, Dharmawanita dan LPMK kota Malang untuk melek IT. Pelatihan sistem informasi manajemen kepegawaian tersebut juga mengupas bagaimana memanfaatkan internet untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatan. Pelatihan yang berlangsung selama dua jam ini juga mengedukasi penggunaan internet sehat sekaligus materi e commerce. Begitu juga tips yang mengajarkan cara bertransaksi aman dan menguntungkan melalui marketplace tersebut. STIKI sebagai kampus Teknologi Informasi, menyiapkan lulusan yang memahami, mengelola, sistem informasi guna meningkatkan strategi kompetitif dan pengambilan keputusan bisnis yang cepat dan tepat sesuai dengan perkembangan teknoloi informasi saat ini memiliki beberapa pilihan jurusan antara lain Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual dan Manajemen Informasi. (okt/him)

Berita Terkait

  • Infokampus.news – STIKI Malang memberikan solusi tepat bagi pemerintah daerah dalam rangka peningkatan layanan melalui pelatihan sistem informasi manajemen kepegawaian (Simpeg) berbasis online, Kerjasama ini dilaksanakan dengan Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Kepala Pusat Pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer (PPTIK) STIKI Malang Meivi Kartika Sari, S.Kom, MT menuturkan, pelatihan sistem informasi ini diikuti oleh ASN di kepualuan Pulang Pisau. “Selama ini pengelolaan data pegawai dilakukan manual dnegan program excel. Kami mengenalkan…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Universitas Terbaik Versi Kemenristekditi
5 Universitas Terbaik di Yogyakarta Versi Kemenristekditi

Infokampus.news – Berbicara soal kuliah, ada beberapa kota di Indonesia yang mendapatkan predikan sebagai kota pendidikan hingga kota pelajar, salah

Close