10 Skill Fresh Graduate yang Harus Dimiliki, Memudahkan Untuk Diterima Kerja

Infokampus.news, Nasional– Untuk kamu yang ingin mencari kerja setelah kelulusan, Ada skill fresh graduate yang harus dimiliki. Sebagai fresh graduate kamu memang masih sangat minim pengalaman.

Namun bukan berarti kamu tidak punya peluang, kamu harus tetap percaya diri agar bisa bersaing dalam dunia kerja.  Berikut ini skill fresh graduate yang harus kamu kembangkan agar bisa cepat mendapatkan pekerjaan. Nah simak tips keahlian berikut ini.

Apa Saja Skill Fresh Graduate?

1. Berbahasa inggris

Dalam berbagai bidang pekerjaan, kemampuan dalam bahasa inggris sangat diapresiasi. Untuk kamu yang fresh graduate, kamu bisa mengasah kemampuan bahasa inggrismu agar HRD bisa mempertimbangkan dalam menerima lamaran kamu.

2.Mengoperasikan komputer

Hampir semua bidang pekerjaan pasti menggunakan komputer. Oleh karena itu dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, ini menuntut kamu untuk bisa menyesuaikan dan bisa beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang, terutama kemampuan memperdalam pengoperasian komputer.

3. Kepemimpinan

Sikap kepemimpinan merupakan hal wajib kamu miliki sebagai fresh graduate, karena hal ini bisa menjadi nilai plus buat kamu saat hendak melamar kerja. Kamu bisa mencantumkan pengalaman organisasi kamu secara formal maupun non formal.

Baca Juga :  7 Peluang Kerja Teknik Nuklir yang Perlu Diketahui!

4. Manajemen waktu

Sebagai fresh graduate, kamu harus bisa beradaptasi dengan dunia kerja. Oleh sebab itu kamu harus punya kemampuan manajemen waktu, kenapa begitu? Karena dalam bekerja, terkadang kamu akan dikejutkan dengan tugas tugas pekerjaan yang mendadak dan harus selesai tepat waktu.

Jika kamu mampu memanajemen waktu dengan baik,  ini bertujuan agar kamu bisa menjadi pekerja yang profesional dan layak untuk dipertahankan di perushaan tersebut.

5.Komunikasi

Sebagian besar dari kamu mungkin sudah memperdalam keterampilan komunikasi saat kuliah ketika mengikuti beragam organisasi di dalamnya. Skill ini harus dimiliki oleh seorang fresh graduate. Mengutip Job Street, memiliki keterampilan komunikasi yang baik dapat membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Banyak perusahaan mencari kandidat karyawan yang pandai dalam berkomunikasi, baik secara verbal maupun nonverbal. Keterampilan ini dapat kamu pelajari secara autodidak sehingga kamu bisa mempersiapkan diri dari sekarang.

6. Team Work

Selain komunikasi, penting bagi kamu untuk menguasai keterampilan teamwork atau kerja sama tim. Dilansir dari Target Jobs, membangun hubungan kerja yang positif dapat membantu semua orang dalam mencapai tujuan bisnis.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Website Freelance Indonesia yang Bisa Kamu Coba, Auto Tambah Cuan!

Perusahaan juga mencari kandidat karyawan yang dapat bekerja secara fleksibel, baik bekerja secara mandiri ataupun secara tim. Tanpa adanya keterampilan kerja sama, sulit bagi kamu untuk mengikuti arus dunia kerja nantinya.

7. Problem solving

Dalam dunia kerja, semua pekerja diharapkan dapat menyelesaikan masalah dengan baik tanpa menimbulkan masalah baru. Oleh karena itu, penting untuk memiliki keterampilan problem solving yang baik bagi seorang fresh graduate.

Dengan memiliki kemampuan ini, saat melihat suatu masalah kamu dapat menyelesaikannya dari berbagai sudut. Hal tersebut tentu sangat disukai oleh perusahaan yang nantinya akan mempekerjakanmu.

8. Leadership

Leadership atau kepemimpinan juga merupakan salah satu Skill Fresh Graduate yang harus dimiliki.  Mungkin kamu memang tidak akan langsung diangkat jadi manajer saat pertama kali melamar kerja.

Namun, penting untuk menunjukkan bahwa kamu mempunyai potensi dalam memotivasi rekan kerja tim agar tetap semangat. Tidak hanya itu, skill leadership juga berguna ketika kamu memutuskan tenggat waktu pekerjaan dengan baik.

9. Public speaking

Apakah kamu nyaman ketika sedang berbicara di depan umum? Jika tidak, sebaiknya kamu harus mengasahnya terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam dunia kerja.

Baca Juga :  Ghost Writer 2 Akan Tayang di Bioskop Indonesia Mulai 21 Juli 2022, Simak Sinopsisnya!

Skill Fresh Graduate public speaking sangat penting untuk dimiliki oleh seorang fresh graduate. Pasalnya, ketika sudah bekerja, kamu pasti akan berbicara di depan banyak orang, baik ketika rapat besar dengan perusahaan maupun rapat kecil dengan tim.

Tidak hanya itu, kamu juga berpeluang untuk mempresentasikan sesuatu kepada klien atau perusahaan lainnya. Oleh karenanya, kamu bisa mengasahnya terlebih dahulu dengan mengikuti kelas online mengenai public speaking ataupun cara lainnya.

10. Menulis

Selain kemampuan komunikasi, Skill Fresh Graduate yang harus dimiliki adalah kemampuan menulis untuk  membantumu dapat pekerjaan impian. Dimulai dari cover letter, kamu bisa mulai menunjukkan bahwa kemampuan menulis dan berbahasa kamu baik serta layak dipertimbangkan.

Demikianlah ulasan mengenai skill fresh graduate yang harus dimiliki setelah lulus kuliah. Terlihat sederhana, namun sebaiknya kemampuan tersebut dengan sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.