SNMPTN 2017 Dipastikan Tak Gunakan Nilai UN

Infokampus.news – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 dipastikan tidak akan menggunakan nilai Ujian Nasional (UN) sebagai bahan seleksi. Kepastian ini muncul karena jadwal seleksi SNMPTN 2017 berlangsung sebelum UN SMA/SMK berlangsung.

“Nilai Ujian Nasional memang tidak berpengaruh pada SNMPTN karena proses seleksinya selesai sebelum pengumuman Ujian Nasional,” ujar Direktur Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Sri Peni Wastutiningsih.

Rangkaian kegiatan SNMPTN tahun ini telah dimulai pada 14 Januari dengan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pendaftaran SNMPTN 2017  berlangsung pada tanggal 21 Februari hingga 6 Maret 2017. Sedangkan Ujian Nasional baru dilaksanakan pada 13 – 15 April 2017, dan pengumuman Ujian Nasional baru dilakukan pada 7 Mei 2017.

Kepastian ini menurut Peni sudah disepakati oleh para penyelenggara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang membuka jalur SNMPTN. Nantinya, seleksi calon mahasiswa baru jalur SNMPTN ini hanya menggunakan penelusuran prestasi akademik siswa.

SNMPTN sendiri merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 sampai dengan semester 5 bagi SMA/SMK/MA atau sederajat serta portofolio akademik. Mengenai kuota, masing – masing PTN memiliki kuota yang berbeda. Namun, khusus PTN di DIY, kuota SNMPTN dipatok 30 persen.

“Tahun ini persentase kuota yang disediakan semua PTN di Jogja sama, yaitu 30% untuk SNMPTN, 40% untuk SBMPTN, serta 30% untuk seleksi mandiri,” imbuh Peni. (FAM)

Sumber: UGM

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gerah Melihat Mahasiswa ‘Kadaluarsa’ UM keluarkan SK Mahasiswa Wajib Lulus Tepat Waktu

Dalam minggu ini spanduk-spanduk berisikan himbauan pada para mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Untuk segera menyelesaikan studi mereka tepat waktu...

Close