Detik-Detik SNMPTN 2018 Diluncurkan, Catat Jadwal Ini!

Infokampus.news – Tinggal beberapa menit lagi program sarjana melalui SNMPTN 2018 dibuka lho Sobat FoKus! Belum tahu SNMPTN dan SBMPTN? Jadi, Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, selain seleksi mandiri (melalui Ujian Mandiri) serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). SNMPTN diselenggarakan pertama kali oleh Dirjen Dikti tahun 2008. Sebelumnya, SNMPTN dibagi menjadi 2 jalur, yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis. Namun pada tahun 2013, jalur SNMPTN tulis diubah menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Apa saja nih persiapan yang sudah dilakukan? Jangan lupa terus pantau website resminya ya di SNMPTN 2018, ya!

Kalian semua mungkin sedang menanti atau melakukan pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN tetapi belum mengetahui secara lengkap kapan pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2018. Tentu selain beberapa berkas yang harus kalian persiapkan untuk pendaftaran, kalian harus tahu beberapa jadwal di bawah ini agar segala informasi dan langkah-langkah yang perlu dilakukan tidak terlewat.

Jadwal SNMPTN 2018
  • Pengisian PDSS 14 Januari – 10 Februari
  • Verifikasi PDSS 15 Januari – 12 Februari
  • Pendaftaran SNMPTN 21 Februari – 6 Maret
  • Proses Seleksi 14 Maret – 14 April
  • Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN 14 Maret – 14 April
  • Proses Seleksi 15 Maret – 15 April
  • Pengumuman Hasil Seleksi 15 Maret – 15 April

Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi tanggal 16 Mei 2018 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2018).

Untuk kamu yang mendaftar melalui jalur Bidikmisi, jangan lupa juga catat jadwal di bawah ini.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi SNMPTN
  • Pendaftaran Sekolah 14 Januari 01 September
  • Pendaftaran Siswa 14 Januari 01 September
  • SNMPTN 18 Februari 06 Maret
Nah, itu tadi beberapa jadwal yang bisa kami suguhkan untuk para Sobat FoKus nih. Sambil mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan kalian juga perlu untuk mengecek terus website resmi SNMPTN ya! Karena tidak menutup kemungkinan lho jadwal yang telah ditentukan sebelumnya bisa berubah atau mungkin ada beberapa tambahan berkas lain yang diperlukan.
Selamat mencoba, semoga sukses! (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Dia Akreditasi Program Studi Institut Pertanian Bogor Terbaru 2018!

Infokampus.news - Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan institut pertanian terbaik di Indonesia yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Sebelum diresmikan

Close