SNMPTN 2020 Dilihat Berdasarkan Hasil Prestasi Akademik

INFOKAMPUS.NEWS – Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di 2020, dilakukan berdasarkan hasil penelusuruan prestasi akademik. kegiatannya dilakukan dengan menggunakan rapor dan protofolio akademik.

Rosmayati mengatakan rapor yang digunakan adalajh semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun. atau semester satu sampai semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

“Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN, harus mempunya Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). kemudian mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar. siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.” Ungkapnya.

Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

Rosmayati menjelaskan, tahapan mengikuti SNMPTN adalah, registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). calon peserta baik SNMPTN, UTBK, maupun SBMPTN diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id

Baca Juga :  Pendaftaran Jalur Mandiri Unesa SPMB Reguler 2022 Masih Dibuka, Bisa Tes dari Rumah

Pendaftaran akun LTMPT dilakukan pada 2 Desember 2019 hingga 07 Januari 2020. pengisian data PDSS, kemudia sekolah melakukan pengecekan NPSn di laman PDSS. sekolah harus memastikan bahwa NPSN beserta data mengenai sekolah sudah benar dan terverefikasi di PDSPK Kemendikbud. Kepala sekoalh atau yang ditugasi kepala sekolah mengisikan keseluruhan data siswa kelas XII di PDSS melalui https://portal.ltmpt.ac.id. Pengisian PDSS dapat dilakukan pada tanggal 13 Januari hingga 06 Februari 2020. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published.