SNMPTN dibuka! Berikut Tata Cara Daftar SNMPTN 2019

infokampus.news – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Begeri atau SNMPTN 2019 dimulai hari ini (4/2). pendaftaran berlangsung serentak di seluruh Indonesia hingga 14 Februari 2019.

kamu bisa membukanya melalui laman resmi website snmptn.ac.id, menurut Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT, Prof Ravik Karsidi mengatakan hanya 955.781 siswa dari 14.888 sekolah yang berhak mendaftar SNMPTN 2019.

Beliau mengatakan jumlah tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun 2018 lalu dimana hanya mencapai 648.204 siswa, sedangkan LTMPT mencatat jumlah sekolah yang mengisi data di sistem PDSS sebanyak 2.340.922 orang. berikut ini adalah tata cara pendaftaran SNMPTN 2019, perhatikan baik-baik agar kamu tak salah ya Sobat FoKus!

  1. Log in Siswa                                                                              Untuk dapat mengikuti SNMPTN 2019, siswa ahrus mendaftar menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional atau yang biasa kita kenal dengan sebutan NISN. Sebelumnya pastikan password yang kamu gunakan sama dengan ketika melakukan penilaian pada sistem PDSS, jika kamu baru pertama kali log in, maka akan muncul halaman untuk mengganti pasword, nah disini kamu harus mengganti password lamamu dengan yang baru. jika memang tak berhak untuk mengikuti SNMPTN maka akan muncul halaman dengan bunyi “anda tidak dapat mengikuti SNMPTN 2019. silahkan mengikuti SNMPTN 2010”.
  2. Membaca dan Menyetujui Pernyataan                 Setelah kamu berhasil log in, langkah selanjutnya yakni membaca dan menyetujui sebuah pernyataan. pernyataan ini berisi kesanggupan untuk mendaftar dan akan menerima segala konsekuensinya yang akan muncul nama siswa, NISN, dan asal sekolah. jika sudah, klik “saya setuju” kemdian pilih tombol “proses” untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.
  3. Melakukan Pendaftaran                                                        pilihlah menu “pendaftaran” yang ada di bagian kiri atas, lalu klik “formulir pendaftaran” pada tahap ini, siswa diminta untuk memilih perguruan tinggi negeri (PTN) dan program studi yang diinginkan, maksimum 3 program studi, maksimum 2 pergruuan tinggi dan maksimum 2 program studi untuk tiap perguruan tinggi. oh iya perlu Sobat FoKus ketahui urutan PTN dan program studi meentukan priroritas pilihan. siswa akan diseleksi dari prioritas pertama, jika tidak lolos seleksi, maka siswa akan diseleksi pilihan berikutnya. setelah formulir terisi, unggah foto dan buku prestasimu jika ada. untuk orogram studi seni dan olahraga siswa diminta untuk melampirkan portofolio, saat membuat portofolio, gunakan template yang telah disediakan. beberapa portofolio harus dilengkapi dengan video, ukuran portofolio tidak boleh lebih dari 10mb dan ukuran video tidak boleh lebih dair 15mb disarnakan untuk tidak emngunggah portofolio dan video pada 3 hari terakhir masa pendaftaran, lebih baik unggah di masa awal pendaftaran untuk menghindari kegagalan saat mengunggah untuk menghindari server down.
  4. Finalisasi Pendaftaran                                                           jika pendaftaran selesai dilakukan, silahkan periksa data-datamu dengan teliti, karena data pendaftaran tidak dapat diubah kembali. untuk melakukan finalisasi klik tombol “finalisasi pendaftaran”.
  5. Cetak Kartu Peserta                                                                jika telah berhasil melakukan finalisasi, tahap terakhir pendaftaran SNMPTN adalah mencetak kartu peserta, pada jadwal yang telah ditentukan, klik “unduh kartu peserta” pada home. jika sampai terjadi lupa password, kamu bisa menghubungi pihak sekolah untuk mendapatkan password baru. janan lupa untuk memastikan password cukup aman dan mudah diingat agar tak terjadi hal serupa, dan jangan berikan password kepada pihak manapun ya! (jul)

 

Baca Juga :  Presiden Jokowi Putuskan Ujian Nasional 2020 Ditiadakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *