Antisipasi Server Overload, Sekretariat SNMPTN Berlakukan Sistem Ganjil-Genap

Infokampus.news – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 resmi diperpanjang hingga Sabtu (16/2/2019) besok. Di sisa waktu pendaftaran ini, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberlakukan pola baru kepada para calon pendaftar. Sistem SNMPTN akan dibuat secara bergilir melalui format ganjil-genap.

Sistem SNMPTN 2019 mengatur pola ganjil-genap berdasarkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Siswa yang mendaftar SNMPTN 2019 akan dibuka aksesnya berdasarkan NISN yang nomor terakhirnya telah dideteksi ganjil-genapnya.

“Untuk memberikan kesempatan lebih baik kepada siswa untuk mendaftar, sistem SNMPTN menerapkan giliran untuk login berdasarkan NISN ganjil-genap,” demikian pernyataan LTMPT di situs resminya, Kamis (14/2).

Sistemnya, pada jam ganjil misalnya 13.00-14.00 WIB, 15.00-16.00 WIB LTMPT membuka akses NISN berakhiran nomor ganjil untuk mendapat giliran mendaftar. Sementara itu, siswa dengan NISN berakhiran nomor genap diberi giliran mendaftar pada jam genap, misalnya pukul 14.00-15.00, 16.00-17.00 dan seterusnya.

Penerapan pola baru ini juga melengkapi keputusan LTMPT yang memperpanjang batas akhir pendaftaran SNMPTN 2019. Semula, pendaftaran SNMPTN 2019 berakhir pada Kamis (14/2). Tujuannya adalah untuk menghindari overload pada server SNMPTN, sehingga proses pendaftaran tidak terhambat.

“Diperpanjang sampai dengan hari Sabtu, tanggal 16 Februari 2019 pukul 22.00 WIB. Kesempatan ini harap digunakan sebaik-baiknya karena tidak akan ada perpanjangan,” demikian pernyataan sebelumnya, Rabu (13/2).

Meski sejumlah kebijakan diterapkan, kritik terhadap penyelenggaraan pendaftaran SNMPTN tak dapat terhindarkan. Kritik berkaitan dengan kesulitan para calon pendaftar untuk mengakses web pendaftaran.

“Servernya pak mohon diperbaiki. Sudah dimanfaatkan sebaik2nya, bahkan selalu coba log in. Tapi servernya ga mendukung. Terima kasih atas perpanjangan waktunya dan mohonn sangat servernya pak, servernya diperbaiki,” tulis akun Annisa Dwi Yuliana di linimasa Twitter @SekreSNMPTN, Rabu (13/2). (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published.