Soroti Rendahnya Tenaga Kerja Survey, ITN Gelar Workshop Surveyor Berlisensi

Infokampus.news, Malang – Tenaga kerja survey atau serveyor di Indonesia saat ini sudah tidak sebanding dengan lulusan pendidikan Teknik Geodesi di beberapa lembaga pendidikan di Indonesia. tiap tahunnya,  Badan Pertanahan Nasional (BPN) membutuhkan tenaga surveyor sebanyak 2.300 orang. Sedangkan, lulusan teknik Geodesi di Indonesia hanya mencapai angka 2.000 orang. Hal tersebut yang mendasari digelarnya workshop yang bertema “membangun dan Mendaya gunakan Surveyor Berlisensi” yang bertempat di Aula Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang ini.

Tenaga Kerja Survey Berlisensi Sedikit, ITN Inisiatif Gelar Workshop 

Ketua Pelaksana Workshop kali ini, Ir. Agus Darpono mengatakan, Workshop kali ini memang difokuskan kepada isu sedikitnya ketersediaan sumber daya manusia surveyor berlisensi di Indonesia. padahal, pemerintah saat ini sedang gencar mempercepat proses sertifikasi hak atas tanah milik masyarakat di seluruh Indonesia.

“Kami disini mengundang para ahli agar bisa berbagi ilmu dan melihat isu kurangnya tenaga surveyor dari kacamata penyelenggara kebijakan, yaitu  Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (KEMEN ATR/BPN),” Ungkapnya.

Dalam workshop kali ini juga tercatat diikuti oleh 48 guru Georgrafi SMA dan guru SMK Jurusan Survei dan Pemetaan. Agus berharap kegiatan ini akan bisa mendorong semangat para penggelut ilmu pertanahan agar siap bergelut dibidang surveyor ini nanti.

BPN Kanwil Jatim Targetkan Rekrut 202 Lulusan SMK Survei dan Pemetaan di Jatim

Sementara itu, Perwakilan BPN Kantor Wilayah (KANWIL) Jawa Timur pun dalam materinya menyoroti kurangnya SDM yang dimiliki oleh BPN Kanwil Jatim. saat ini 250 orang lulusan S1 Teknik Geodesi, 400 lulusan D1 STPN, dan 200 mantan pegawai kementrian berpengalaman.

“BPN Kanwil Jatim menargetkan akan mempunyai  202 tenaga survei dan asisten survei. SDM nya akan kami maksimalkan dari SMK Jurusan Survei dan Pemetaan. banyak kok di Jawa Timur, seperti SMKN 2 Bojonegoro, SMKN 1 Lumajang, SMKN 1 Singosari, SMKN 1 Nganjuk, SMKN 1 Madiun, dan SMKS Pekerjaan Umum Malang,” Paparnya.

Kegiatan Workshop ini jua merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut Dies Natalis Jurusan Geodesi di kampus ITN Malang. Selain Menghadirkan Perwakilan BPN Kanwil Malang, Hadir pula Dalam Workshop ini Direktur Survey dan Pemetaan Tematik Dirjen Infrastruktur dan Keagrarian Kementrian ATR/BPN, Tri Wibisono. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unggul Suara di Rapat Senat Pildek FEB UB, Sinyal Nurkholis Menjadi Dekan Makin Kuat

Nurkholis, SE., M.Bus.(Acc)., Ak., Ph.D semakin mantap menjadi kandidat terkuat untuk memegang amanah sebagai Dekan FEB UB.

Close