Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru, UI Jangkau Hingga Papua

Infokampus.news – Universitas Indonesia (UI) menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana Strata Satu (S1) melalui tiga seleksi masuk yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SIMAK UI (Seleksi Masuk UI).

Agenda terdekat penerimaan mahasiswa baru UI yaitu melalui SNMPTN dimana pendaftaran dimulai hari ini (21/2). Para siswa SMA/Sederajat telah dapat melakukan pendaftaran dan memilih program studi/jurusan yang diminati di UI melalui laman http://www.snmptn.ac.id. Sedangkan, dua seleksi masuk lainnya yaitu SBMPTN dan SIMAK UI baru akan dibuka pada bulan April 2017.

Terdapat beberapa hal baru pada penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 UI kali ini. Berbeda dari tahun sebelumnya dimana program S1 Reguler dapat ditempuh melalui SNMPTN, SBMPTN dan SIMAK UI, maka pada tahun ini, bangku S1 Reguler hanya dapat ditempuh melalui seleksi masuk SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan program S1 Paralel, S1 Kelas Internasional serta Program Vokasi (Diploma 3) dapat ditempuh melalui SIMAK UI.

Dalam rangka pemerataan kesempatan belajar bagi seluruh anak bangsa, Universitas Indonesia (UI) menggagas kegiatan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru yang difokuskan di beberapa wilayah di Indonesia.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin – Kamis, 13 – 16 Maret 2017 yang mencakup 4 Kota tujuan yaitu Jayapura (Papua) ; Sambas (Kalimantan Barat) ; Pandeglang (Jawa Barat) dan Buton (Sulawesi Tenggara).

UI menargetkan sebanyak 300 calon mahasiswa, guru dan orangtua siswa di setiap kota sebagai peserta sosialisasi.

Diharapkan melalui kegiatan ini, para siswa/i SMA/Sederajat di wilayah tersebut dapat memperoleh informasi lengkap terkait jalur masuk UI, pilihan jurusan, biaya pendidikan, beasiswa, tempat tinggal  serta termotivasi untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi di UI.

“Banyak sekali kesalahpahaman yang dialami para siswa, guru maupun orangtua terkait perkuliahan di UI. Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meluruskan rumor yang beredar serta membuka jalan bagi siswa/i terbaik negeri dari seluruh Indonesia untuk dapat mengenyam pendidikan terbaik di UI, ” ujar Rifelly, Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI.

Jadwal Lengkap Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru UI

1. Daerah tujuan 1, Jayapura, Provinsi Papua

Hari, tanggal   : Senin, 13 Maret 2017
Waktu              : 09.00-12.00 waktu setempat
Tempat            : SMAN 1 Jayapura

2. Daerah tujuan 2, Sambas, Provinsi Kalimantan Barat

Hari, tanggal   : Selasa, 14 Maret 2017
Waktu              : 09.00-12.00 waktu setempat
Tempat            : SMA Panca Bhakti Sambas

3. Daerah tujuan 3, Pandeglang, Provinsi Jawa Barat

Hari, tanggal   : Rabu, 15 Maret 2017
Waktu              : 9.00-12.00
Tempat            : SMAN 4 Pandeglang

4.  Daerah tujuan 4, Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara

Hari, tanggal   : Kamis, 16 Maret 2017
Waktu              : 9.00-12.00
Tempat            : Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Buton

UI memiliki 62 program studi pada S1 Reguler, 31 program studi pada S1 Paralel dan 15 program studi pada S1 Kelas Internasional. Selain itu, siswa/i lulusan SMA/Sederajat pun dapat memilih program Vokasi pada seleksi masuk SIMAK UI yang memiliki 11 pilihan program studi.

Sejak tahun 2013, UI telah menerapkan kebijakan untuk tidak menarik Uang Pangkal (UP) bagi mahasiswa baru Program Sarjana Reguler. Sehingga orangtua mahasiswa hanya membayar uang kuliah per semester atau BOP (Biaya Operasional Pendidikan) yang bersifat berkeadilan/disesuaikan dengan kemampuan finansial penanggung biaya pendidikan.

Penerimaan Mahasiswa UI diawali melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang pendaftarannya telah berlangsung pada 21 Februari – 6 Maret 2017 dan Pengumuman pada 26 April 2017.

Penerimaan mahasiswa baru UI berikutnya dapat melalui SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SIMAK UI (Seleksi Masuk UI) yang pendaftarannya dilaksanakan pada bulan April 2017. Informasi lebih lengkap dapat diakses pada laman : www.penerimaan.ui.ac.id. (FAM)

 

Sumber: http://www.ui.ac.id/

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FEB UI Masuk Dalam Jajaran Fakultas Ekonomi Terbaik di Dunia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia masuk dalam jajaran peringkat Fakultas Ekonomi terbaik di dunia.

Close