Spesifikasi Baru, Mobil Hemat ITS Optimis Juara

Infokampus.news – Tim Sapuangin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memperkenalkan Sapuangin XI EVO 1 di halaman Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, mobil hemat energi generasi 11 ini telah mengalami sejumlah penyempurnaan dari generasi pendahulunya. General Manager Tim Sapuangin ITS menyatakan mobil Sapuangin XI EVO 1 siap berlaga di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2017 di Singapura.

Dengan menggunakan bahan bakar diesel, mobil hemat energi ini diklaim mampu menempuh jarak 330 kilometer hanya dengan satu liter diesel. Selain itu, penyempurnaan juga dilakukan pada struktur rangka, sehingga bobotnya menjadi lebih ringan. Kendati lebih ringan, material yang digunakan untuk Sapuangin XI EVO 1 ini tetap aluminium.

“Ini merupakan pencapaian besar, karena pada pada Shell Eco Marathon Asia sebelumnya hanya sejauh 250 kilometer per liter,” ujarnya disitat dari laman ITS, Kamis (16/3/2017).

Baca Juga :  Mahasiswi Lulusan Terbaik ITN Ini Lulus Dengan Inovasi Pencacah Rumput Ergonomis!

Fauzy menjelaskan, Sapuangin XI EVO 1 akan berlaga pada ajang Shell Eco Marathon Asia 2017 di Singapura pada kategori Urban Concept kelas internal combustion. Untuk itu, langkah awal yang dilakukan oleh tim, yakni uji coba di lintasan.

“Mobil kali ini menggunakan yanmar engine dengan sistem hidrolik dan kemudi berbasis Acckemann. Mesin yang kali ini digunakan juga telah dirancang dan dievaluasi selama dua bulan sehingga mengurangi gesekan yang tidak efisien,” terangnya.

Beberapa tokoh penting, seperti Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, Ketua Ketua Majelis Wali Amanah ITS Mohammad Nuh, dan Rektor ITS Joni Hermana turut hadir dalam pelaksanaan uji coba mobil berukuran 2,7 meter x 1,4 meter x 1,2 meter itu. Dengan persiapan yang telah dilakukan, Tim Sapu Angin optimis mengejar juara pada ajang tersebut. (FAM)

Baca Juga :  Hanya Menampung 8 Persen Pendaftar Tahun Lalu, Berapa Daya Tampung ITS pada SNMPTN 2017?

 

Sumber: Ristekdikti

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sudah Sepekan Dibuka 78.434 Pelamar Mendaftar di PKN STAN!

Politeknik Keuangan Negara STAN atau biasa disebut PKN STAN merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Kementerian Keuangan.

Close