STAN Umumkan Perubahan Jadwal untuk Dua Jenis Tes

Infokampus.news- Hari Selasa tanggal 30 Juli 2019 lalu, Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) resmi umumkan hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) tahun 2019 tahap pertama. Peserta dari program reguler yang telah dinyatakan lolos pada tahap pertama SPMB ini merupakan peserta yang sudah melampaui ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Bahasa Inggris (TBI).

Bagi peserta program afirmasi yang dinyatakan berhak mengikuti Psikotes dan UKK (Ujian Kesehatan dan Kebugaran) SPMB PKN STAN tahun 2019, merupakan peserta yang telah melampaui ambang batas dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang sesuai dengan pemeringkatan. Pemeringkatan ini didasarkan atas ketentuan dari Direktur PKN STAN yang sebelumnya telah diumumkan.

Dua jenis tes yang mengalami perubahan jadwal adalah Psikotes dan UKK (Ujian Kesehatan dan kebugaran). Untuk waktu pelaksanaan Psikotes, Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK) pada mulanya akan dilaksanakan tanggal 03-09 Agustus 2019, kemudian berubah menjadi tanggal 24-31 Agustus 2019.

Baca Juga :  Wah KIP Kuliah 2022 Bisa untuk Mahasiswa Kampus Swasta, Begini Cara Daftar

Psikotes yang akan dilaksanakan di pekan terakhir bulan Agustus nanti akan menggunakan Computer Assisted Test. Penggunaan Computer Assisted Test ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang potensi kemampuan juga kepribadian peserta ujian. Aspek yang dinilai dari psikotes ini meliputi inteligensi, emosi dan sikap.

Untuk Ujian Kesehatan sendiri adalah serangkaian pemeriksaan kesehatan peserta yang meliputi tinggi badan, berat badan, THT, jantung, paru-paru, gigi, mulut, kulit, varises, hati, kelenjar getah bening, hemoroid, nadi, buta warna, tekanan darah, perut, anggota gerak dan sikap.

Ujian Kebugaran hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa jurusan Kepabeanan dan Cukai (BC). Untuk peserta laki-laki harus melakukan lari 12 menit mengelilingi lintasan,  pull up, push up, sit up, dan shuttle run. Sedangkan untuk peserta perempuan harus lari mengelilingi lintasan, chinnin, push up, sit up, dan shuttle run.

Pada Ujian Kebugaran ada bobot tertentu yang harus dipenuhi oleh para peserta, bobot-bobot ini meliputi lari 12 menit mengelilingi lintasan (50%), pull up/chinning up (12,5%), push up (12,5 %), sit up (12,5 %), dan shuttle run (12,5 %). Untuk mengetahui informasi yang lebih lanjut mengenai pengumuman SPMB STAN dapat langsung diakses melalui laman http://www.pknstan.ac.id (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published.