STEICO: Revolution of Bledhus Jagung Ide Rina Mei

Infokampus.news – Terpilihnya Rina Mei Fathul Jannah sebagai Mahasiswa Berprestasi Tahun 2018 FP UWG ternyata tidak salah. Apa pasal? Rina adalah sosok mahasiswa yang “tidak bisa diam”, baik secara fisik maupun ide. Meskipun secara fisik terlihat duduk manis, rupanya pikirannya melanglangbuana ke mana-mana sampai akhirnya tertambat pada jagung, satu komoditas pangan tradisional yang hampir dilupakan. Ada apa dengan jagung?

Putri bungsu anak pasangan Sutrisno dan Sriati yang lahir pada 14 Mei 1997 ini merasa bahwa jagung yang merupakan pangan tradisional di negara kita ini sudah mulai dilupakan orang. Padahal, jagung sebagai sumber karbohidrat dapat digunakan sebagai pengganti beras yang dari tahun ke tahun jumlah impornya terus bertambah.

“Perlu terobosan baru agar jagung kembali menjadi preferensi konsumsi pangan masyarakat,” pikirnya. Pemikiran yang sama juga disampaikan oleh sang pembimbing, Dr. Ir. Triwardhani, M.P.. “Merevitalisasi pangan tradisional kita menjadi tanggung jawab bersama, khususnya jagung putih,” demikian imbuh Tri Wardhani.

Sebagai pembimbing, Tri Wardhani berharap berpikir dan menulis menjadi budaya akademik yang terus menerus ditumbuhkan di kalangan mahasiswa. “Mereka banyak yang memiliki ide cemerlang, namun manakala ide ini harus ditulis, dari 15 ide hanya 4 proposal yang muncul,” jelasnya.

Rina, pemilik IP 3.93 dengan judul proposal PKMK Revolution of Bledhus: Steico (Steamed White Corn) ini menggandeng dua temannya Vivie Maretha dan Muhammad Sholehuddin. Bimbingan dan pendampingan yang dilakukan oleh pembimbing dan Ketua Prodi Agroteknologi (Dr. Ir. Suslam Pratamaningtyas, M.P.) serta Ir. Enny Sumaryati, M.P. sebagai pendamping UKM KPM membuat Rina nyaris tidak menemui kendala dalam mempersiapkan proposalnya. Saat ini Rina dan timnya sedang menyusun strategi untuk langkah selanjutnya. Dara semester empat ini berharap dapat memberikan yang terbaik kepada almamaternya. (sig)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
fakultas pertanian uwg
Pengelolaan Jurnal dan Kinerja Dosen FP UWG Jadi Rujukan FP UPM

Infokampus.news - Memperkuat jejaring menjadi bagian dari kebutuhan sebuah lembaga agar eksistensinya di masyarakat tetap terjaga dan semakin meningkat. Untuk

Close