Magang Internasional ,STIKI Gandeng Perguruan Tinggi Filipina

Infokampus.news, Malang – Memaksimalkan program student Exchange, STIKI dan Iloilo Science and Technology University Filipina saling mengirimkan dua mahasiswa terpilih untuk diinisiasi magang dalam program SEA-TVET.Peserta program ini harus mengikuti seleksi yang ketat untuk mengumpulkan score TOEFL dan wawancara.Perbedaan budaya dan sistem perkuliahan antar dua negara menjadi hal menarik yang dipelajari selama hampir satu bulan menuntaskan magang.

Seperti Antonette Camallan dan Vianne Labagno dari Illoilo Science and Technology University Filipina yang difasilitasi akomodasi dan living cost dari STIKI selama menjalani magang di Kapanlagi.com. Keduanya mengisahkan akan tinggal di Malang selama 25 hari dan mengawali minggu pertamanya dengan interview oleh pihak kapanlagi.com.

“Kami memulai project desain dan supervisor memberi materi website.Tentu sebelumnya kami translate lebih dulu,” ujar Antonette Camallan. Mahasiswa semester empat jurusan computer science ini mengaku terkesan dengan kota Malang yang memiliki udara lebih dingin dibanding Filipina.Begitupula dengan harga makanan dan biaya hidup yang juga murah. Hanya saja, bersama Vianne Labagno dia merasa kesulitan naik transportasi umum. “Kami ke pasar tradisional dan naik kendaraan umum mengalami kesulitan.Sebab, kami baru memahami car aberkenalan saja,”tutut Antonette sambil terawa.

Sementara itu,dua mahasiswa STIKI yakni Roiyan Zadana Alfauzi dan Arrizky Rahmat Alifiansyah juga merasa beruntung karena mendapatkan pengalaman baru magang di Iloilo Science and Technology University Filipina selama 28 hari.Keduanya mempelajari beberapa hal baru berkaitan dengan hardware yang kebetulan belum diajarkan di kampus.

“Begitu mendapatkan manfaat dengan mengikuti program ini karena dapat mengenal budaya dan belajar toleransi agama disana,” ungkap Roiyan Zadana Alfauzi.

Mahasiswa Teknik Informatika ini menganalisa perbandingan sistem pembelajaran di Indonesia dan Filipina.Menurutnya,It di Indonesia lebih baik dibanding Filipina. Namun dalam hal bahasa lebih unggul disana,sebab kebetulan bahasa inggris menjadi bahasa kedua di Filipina. Dalam perkuliahan hampir sama, yang berbeda hanya sistem pendidikan Filipina yang tanpa adanya SMA.

“Skripsinya juga beda, jika disana dengan sistem kelompok, berbeda dari Indonesia secara individu,”imbuh mahasiswa asli Jawa Tengah ini. (HUMAS STIKI)

Berita Terkait

  • Infokampus.news – STIKI Malang memberikan solusi tepat bagi pemerintah daerah dalam rangka peningkatan layanan melalui pelatihan sistem informasi manajemen kepegawaian (Simpeg) berbasis online, Kerjasama ini dilaksanakan dengan Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Kepala Pusat Pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer (PPTIK) STIKI Malang Meivi Kartika Sari, S.Kom, MT menuturkan, pelatihan sistem informasi ini diikuti oleh ASN di kepualuan Pulang Pisau. “Selama ini pengelolaan data pegawai dilakukan manual dnegan program excel. Kami mengenalkan…
  • Infokampus.news - Untuk kali pertama, tugas akhir mahasiswa tak lagi dinilai secara konvensional lagi. Mahasiswa semester akhir jurusan desain komunikasi visual STIKI Malang diberikan wadah kreativitas melalui pagelaran pameran outdoor. Berlokasi di Komika Cafe, 21 mahasiswa menata booth masing-masing sesuai dengan tema yang diangkat yakni Pesta DKV. Seluruh karya mahasiswa dipamerkan dalam satu lokasi yang dihias secara glamor di sana. Mahasiswa DKV tersebut menyajikan ragam hasil karyanya mulai dari fotografi,…
  • Infokampus.news - STIKI Malang memberikan solusi tepat bagi pemerintah daerah dalam rangka peningkatan layanan. Yakni melalui pelatihan sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) berbasis online. Kerja sama ini dilaksanakan dengan Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Kepala Pusat Pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer (PPTIK) STIKI Malang Meivi Kartika Sari, S.Kom, MT menuturkan, pelatihan sistem informasi ini diikuti oleh ASN di kepulauan Pulang Pisau. “Selama ini pengelolaan data pegawai dilakukan manual dengan program (Microsoft…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Kementerian Ketenagakerjaan
Lowongan CPNS Kementerian Ketenagakerjaan 2018

Infokampus.news – Kementerian Ketenagakerjaan melalui program rekrutmennya saat ini membuka lowongan CPNS terbaru pada bulan September tahun 2018 untuk mencari

Close