STIKI Gelar Kuliah Tamu Internasional Bersama Profesor dari Filipina

Infokampus.news – Bertempat di Ruang Seminar Gedung A, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang mengadakan kuliah tamu dengan tema “Writing & Publishing Research Paper” pada Jumat (23/02/2018). Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Program Studi Teknik Informatika Rakhmad Maulidi, M.Kom. ini menghadirkan pembicara tamu dari Technology University of Philippines, Prof. Julius Garcia, Ph.D. STIKI gelar kuliah tamu ini dengan tujuan agar mahasiswa dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara menarik di media sosial.

Di awal materi, Julius Garcia memaparkan tentang bagaimana menulis judul lembar penelitian yang benar, “Tidak terlalu panjang juga tida terlalu pendek, relevan dengan 12 kata,” paparnya. “If you have n format it will be much easier to write the title.”

Penelitian yang bagus adalah paspor yang bagus untuk dipublikasi. Julius Garcia kemudian menjelaskan proses penelitian yang terdiri dari input, proses, dan output kemudian didapatkan feedback, yang di dalamnya juga harus mengandung methodology dan summary.

Hasil dari penelitian juga harus dilihat tingkat plagiarismenya. Untuk memeriksa hal tersebut, beliau menuturkan untuk menggunakan laman online pengecek plagiarism “citiationmachine.net” sebagai media pembanding hasil penelitian. Dengan semakin kecilnya tingkat kesamaan maka akan semakin bagus kualitas dari penelitian. Di Filipina, ia menuturkan,  standar tingkat plagiarisme jurnal minimal adalah 20%.

“Dengan melihat tingkat plagiarisme ini ditujukan bukan untuk mempermalukan Anda, melainkan untuk meningkatkan kualitas dari hasil penelitian,” tutupnya. (him/menik)

 

Sumber: STIKI Malang

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
kuliah perfilman
Ingin Kuliah Perfilman? Yuk Intip Kampus-Kampus di Bawah Ini!

Untuk menjadi seperti mereka, ternyata ada sekolahnya lho! Di Indonesia, barangkali kampus ini cocok untuk Sobat FoKus yang ingin kuliah...

Close