STIKI: Jadi Kreatif Lewat Photography Advertising

Infokampus.news – Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang menggelar acara workshop bertema Creative Photography Advertising pada hari Jumat (29/6) lalu di Lab B Gedung B STIKI Malang.

Workshop yang diikuti oleh 15 mahasiswa DKV yang mayoritas dari angkatan 2016 ini membahas tentang pembuatan photography advertising mulai dari problem, analisa, ide, konsep, sketsa, sampai dengan eksekusi. Pemateri workshop Ahmad Zakiy Ramadhan, S.Sn., M.Sn. menunjukkan contoh dari photography advertising. “Simple tapi kena dan sesuai dengan target audiens itulah tujuan dari photography ads,” ujarnya. Ia juga mengatakan, photo ads mempunyai tujuan untuk menciptakan daya ganggu yang mampu membuat daya tarik.

Di workshop berdurasi 120 menit ini fotografer dituntut untuk memiliki kepekaan rasa dan melatihnya. Photo ads juga tidak lepas dari yang namanya editing. Mungkin untuk fotografi biasa editing akan menimbulkan kontroversi. Namun sebaliknya, photo ads fungsi editing akan sangat membantu dalam hal memperindah foto tersebut. Di samping itu, photo ads sangat berhubungan dengan digital imaging. Dalam photo ads juga sangat memperhatikan peralatan, properti dan talenta karena berhubungan juga dengan budgeting. Lalu tips memulai photo ads ini yang paling mudah dan bisa kalian lakukan sebagai mahasiswa adalah melalui lomba dan festival.

Harapannya, workshop ini dapat membuka kesadaran pada diri peserta tentang bagaimana mahasiswa bukan hanya bagus dalam akademik tapi juga mempunyai daya jual yang tinggi di luar sana. Juga, mahasiswa dimotivasi menciptakan creative add dan diharapkan bisa masuk di beberapa festival iklan yang ada. (okt/him)

Leave a Reply

Your email address will not be published.