Strategi Memilih Jurusan SBMPTN Pasca Lulus UTBK

Infokampus.news – Berbeda dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyelenggarakan tes menjadi beberapa tahap yakni UTBK dan SBMPTN. Pada tahap UTBK, calon mahasiswa mengikuti ujian tulis berbasis komputer tanpa harus menentukan jurusan yang diinginkan terlebih dahulu. Baru kemudian, setelah calon mahasiswa dinyatakan lulus UTBK dengan mencapai nilai tertentu, mereka bisa memilih jurusan yang mereka inginkan pada pendaftaran SBMPTN pasca UTBK. Meskipun demikian, peserta yang lulus UTBK belum tentu lulus begitu saja di SBMPTN karena masih harus bersaing dengan peserta lain yang bisa jadi skornya lebih tinggi untuk memperebutkan kursi yang tersedia dalam batas kuota tertentu di jurusan tersebut. Namun Sobat FoKus yang mengikuti dan lulus UTBK tak perlu khawatir, asal bisa memilih dengan strategi yang tepat, besar kemungkinan kamu bisa lulus di jurusan yang diinginkan. Lantas apa saja strategi memilih jurusan SBMPTN setelah lulus UTBK? Simak poin-poin di bawah ini.

Baca Juga :  3 Kampus Negeri di Malang 'Panen' Mahasiswa dari Jalur SBMPTN 2019, Ini Jumlahnya
Strategi Memilih Jurusan
1. Kenali Aturan SBMPTN

Sebelum jauh-jauh memilih jurusan dan perguruan tinggi, ada hal yang perlu diingat yakni peraturan dari SBMPTN itu sendiri, yakni pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

2. Buat Analisis SWOT

Terdengar berat? Well, sebetulnya tidak. Justru hal inilah yang akan membantumu secara objektif memilih perguruan tinggi beserta program studinya. Tentukan program studi yang sejalan dengan cita-citamu, catatlah pro kontranya dalam diagram SWOT alias strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), serta threat (ancaman). Dengan begini, kamu akan mendapatkan gambaran mana yang sekiranya akan lebih memungkinkan untuk kamu ambil.

3. Pilih Jurusan Sesuai Passion

Apa yang lebih menyenangkan dari belajar di bidang yang kita gemari? Dengan memilih jurusan sesuai dengan passion, takkan ada alasan “salah jurusan” di kemudian hari, karena ini adalah bidang yang kita pilih dengan senang hati. Jangan sampai memilih jurusan karena popularitasnya, karena selain jurusan tersebut belum tentu sesuai dengan passion kamu, jurusan yang sedang tren akan diserbu banyak camaba dan pesaingmu akan semakin banyak pula.

Baca Juga :  Jelang Penutupan SBMPTN 2019, Berikut Daftar PTN yang Paling Diminati Calon Mahasiswa
4. Setelah Fix Memilih Jurusan, Carilah Kampusnya

Banyak siswa-siswi yang mengira bahwa apapun jurusannya tak masalah asal kampusnya favorit. Eits, tunggu dulu. Tidak semudah itu, Ferguso. Sebagus apapun kampusnya, belum tentu perjalanan studi kamu nanti akan berjalan dengan lancar apabila kamu memilih jurusan yang tidak tepat. Ingat, kuliah bukan tentang gaya hidup, namun tak lain adalah batu loncatan untuk kamu meraih cita-citamu. Belakangan, kutipan terkenal dari Pidi Baiq benar adanya, “Dulu, nama besar kampus disebabkan oleh karena kehebatan mahasiswanya. Sekarang, mahasiswa ingin hebat karena nama besar kampusnya.” Mari kita patahkan stereotip itu, Sobat FoKus. Percayalah, bahwa kuliah di manapun, asalkan kita niat dan rajin belajar, pasti hasilnya bisa tetap maksimal dan berkualitas. Kenapa? Karena di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

5. Tetap Optimis dan Berdoa

Setelah melakukan segala usaha semampu kamu, apa lagi strategi memilih jurusan yang lain selain optimis dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Mengabulkan. Karena apapun usaha kita, Tuhan yang menentukan. Percayalah, hasil tidak akan mengkhianati kerja keras.

Baca Juga :  SBMPTN Bukan Jalan Terakhir: Ini Daftar PTS Terbaik Versi Kemenristekdikti 2019

Itu tadi beberapa strategi memilih jurusan yang bisa kamu terapkan saat mendaftar SBMPTN nanti. Semoga bermanfaat!

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *