Student Center Learning Untuk Mahasiswa Era Milenial, Seberapa Penting? Rektor UNIGA Menjawab

Infokampus.news, Malang – Student Center Learning (SCL) untuk mahasiswa di era milenial ternyata cukup penting saat ini. Dalam Workshop SCL based on 21st Century skill yang digelar di kampus Universitas Gajayana Malang (UNIGA Malang) pakar student method Dr. Samsul Arifin M.T., yang juga merupakan dosen ITS menyebutkan sistem pembelajaran jika tidak menyesuaikan era maka pembelajaran akan menjadi tidak maksimal.

“Bisa saja berjalan (re: proses belajar mengajar) tapi hasilnya tidak memuaskan, karena dia belajar tapi tidak seperti yang dia mau,” tukasnya pada para dosen akuntansi peserta workshop siang ini (19/10).

SCL sendiri merupakan sistem pembelajaran yang mengutamakan mahasiswa untuk mengeksplor sendiri material yang harus dipelajari di dalam kelas. Tentu dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini media eksplorasi tersebut melalui internet.

“Tapi harus diketahui dulu karakter mahasiswa yang akan diberikan SCL ini apakah sudah sesuai apa belum, apa mereka rata-rata sudah familiar dengan internet apa belum.” Tambah dia.

Student Center Learning Sendiri Sudah Dilakukan di Berbagai Kampus, Salah Satunya UNIGA Malang 

Untuk penerapan student center learning sendiri ternyata sudah diterapkan di beberapa kampus salah satunya UNIGA. Menurutnya hal ini sangat penting dilakukan karena perubahan zaman berjalan begitu cepatnya, maka sistem pendidikan juga harus terus berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman.

“Aplikasinya (re: SCL) kalau kami memang sudah ada seperti kontrak perkuliahan di awal semester dengan para mahasiswa begitu, tetap dengan memperhatikan karakter mahasiswa kami ya tidak semua langsung rata begitu.” Papar rektor UNIGA Malang Prof. Dr. Dyah Sawitri ditemui di sela acara berlangsung.

Menurutnya potensi mahasiswa menerima sistem perkuliahan dengan cara ini sangat besar, baik dari program strata satu maupun master.

“Saat ini sudah berjalan ada yang SCL 50:50 TCL, ada yang TCL 30:70 SCL tergantung perjanjian yang dibuat dengan para mahasiswa juga,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagi Para Mahasiswa Yang Butuh Uang Tambahan, Ini 5 Part Time Job Yang Bisa Kalian Coba

Menjadi mahasiswa tentunya membutuhkan biaya yang banyak, tidak hanya untuk kuliah, sederet kehidupan sehari-hari yang pastinya memiliki jumlah

Close