Suka Duka Fotografi, ‘Realita dan Ekspektasi Berbeda’

Infokampus.news, Malang – Salah satu anggota tim dari pameran Fotografi ‘Lihat Malang’ yang digelar di Universitas Negeri Malang atau UM hari ini, Ari Gunawan mahasiswa semester 3 jurusan Tekhnologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan ini berbagi kisahnya saat proses persiapan pencarian bahan pameran kelompoknya. Ia menceritakan kisahnya sekaligus pengalaman yang ia dapat jadikan pelajaran dalam proses ‘penggarapan’ tema dalam waktu yang cukup singkat ini.

“Kami ambilnya ‘bahannya’ sekitar seminggu yang lalu, kebetulan kami mendapat bagian untuk menggarap pantai goa china, pantai ngudel dan pantai watu leter,” ujarnya kepada tim infokampus.news.

Baca Juga:

Ia menuturkan kisahnya dalam mencari obyek ini, mulai dari cuaca yang tidak mendukung, jalan yang tidak mulus alias rusak dan juga kelelahan karena mencari angle yang bagus ditengah terik matahari siang.

“Ini sebagai pelajaran juga untuk kami karena medan dan kondisi itu sangat mendukung dalam proses fotografi, apalagi kita kebetulan ambil yang alam terbuka. Dari beberapa kesusahan seperti medannya, cuaca nah yang paling sulit sebenarnya mencari titik utama dan juga cari momentum yang pas,” tambahnya.

Ekspektasi Dan Realita Berbanding Terbalik

Ia dan timnya melakukan semua ‘penggarapan’ bahan ini selama satu hari saja, dan uniknya mereka tidak mengalami kendala meskipun kamera yang mereka gunakan untuk memotret hanya satu. Padahal tim mereka beranggotakan 5 orang yaitu Ari, Mila Rukmi, Agustinkusnul, Tri Noor dan Syarif.

“Ini seharian kita cari cari spot yang pas, dengan kamera cuma satu tapi alhamdulillah jam 12 gitu sudah selesai,” tuturnya.

Ari juga menuturkan tantangan lain sepanjang ia dan timnya melakukan penggarapan 3 obyek pantai yang terletak di Malang selatan ini. Ia dan timnya tentu saja sudah mengkonsep gambar apa yang akan mereka bidik saat tiba di tempat tujuan, namun ternyata pada kenyataannya realita yang ditemui berbanding terbalik dengan apa yang mereka harapkan.

“Ekspektasi sama realita beda kadang bagus dan jelek jadi ya kita mengkondisikan sendiri,” pungkasnya.

Penulis : Irma Puspita

Foto : Irma – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hadirkan Keindahan Tersembunyi Malang Raya Dalam Satu Ruangan Ini!

Sekitar 100 hingga 200 foto-foto cantik yang menggambarkan keindahan Malang Raya terpampang apik dalam sebuah pameran fotografi bertema "lihat Malang"...

Close