Sumbang 32 Karya Inovasi, IPB jadi Kampus Paling Inovatif Tahun 2016

Infokampus.news, Malang –Institut Pertanian Bogor (IPB) mempertahankan statusnya sebagai kampus penyumbang karya inovasi terbanyak dibanding kampus lainnya. Status yang sudah IPB raih sejak tahun 2008, kembali diraih pada tahun 2016 ini. IPB menyumbang 32 inovasi dari 108 inovasi Indonesia.

Pemilihan karya ini diselenggarakan melalui program 100 Plus Inovasi Indonesia oleh Business Innovation Center (BIC), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) RI yang bekerjasama dengan Pusat Inovasi- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Pusinov-LIPI).

Konsisten Ciptakan Karya Inovasi, 355 Inovasi Sudah Dibuat IPB Sejak 2008

Direktur Riset dan Inovasi IPB, Iskandar Z Siregar mengatakan, sejak tahun 2008 IPB sudah melakukan pengelolaan terhadap database karya inovasi IPB, sehingga memudahkan dalam pengembangan inovasi tersebut, baik mulai dari perencanaan sampai berujung pada hilirisasi.

“Setiap tahun IPB selalu mengusulkan lebih dari 100 karya inovasi baik yang berasal dari dosen/peneliti maupun mahasiswa. Pada tahun 2016, IPB mengusulkan sebanyak 136 karya inovasi yang terdiri atas 129 karya inovasi dosen/peneliti dan 7 karya inovasi mahasiswa,” ucapnya seperti dilansir Okezone.com

Baca Juga :

Dari 136 karya Inovasi yang diusulkan, 32 karya Inovasi berhasil masuk kedalam 108 Inovasi Indonesia. Jika diakumulasikan, jumlah inovasi IPB dalam Buku Inovasi Indonesia BIC tahun 2008 – 2016 sebanyak 355 dari 936 karya inovasi Indonesia. Artinya IPB berkontribusi sebesar 37.93% dalam menyumbang karya inovasi Indonesia paling prospektif.

IPB terus berinovasi, Ini kata Wakil rektor IPB

Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB, Anas Miftah Fauzi mengatakan IPB selalu mendukung keberlanjutan dan perkembangan Inovasi di Indonesia, baik dari segi publikasi maupun hilirisasi.

“Beberapa program hilirisasi yang IPB kembangkan yaitu melalui program dari Direktorat Pengembangan Bisnis, IPB Science Techno Park, Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan, dan PT Bogor Life Science and Technology IPB. Program itu memberikan fasilitas pengembangan dan komersialisasi hasil inovasi, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Anas.

Penulis : Ucha Julistian

Sumber : Okezone.com

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UNS Bawa Dua Pemkab di Jateng Belajar Mengolah Sampah ke Amerika Serikat

Kabupaten Karanganyar dan Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), bersama UNS Solo, siap belajar mengolah sampah ke Amerika Serikat, akhir November.

Close