Supaya Puasamu Tetap Lancar Hindari 6 Jenis Makanan Ini!

Infokampus.news – Untuk dapat menjalankan puasa dengan lancar harus memilih menu makanan yang tepat saat sahur maupun berbuka. Karena itu ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sahur dan berbuka. Memilih menu yang tepat saat sahur dan berbuka sangat penting untuk mempertahankan tubuh agar tetap fit , sebab beberapa makanan tertentu bisa menyebabkan gangguan perut sehingga lambung terasa tidak nyaman. Bila gangguan perut terjadi, maka akan mengganggu ibadah puasa yang dijalani.

Gangguan saat mejalankan puasa seperti perut kembung umumnya terjadi karena salah makan pada waktu sahur dan buka puasa. Terlebih bagi mereka yang mengalami sakit maag, salah makan sedikit saja akan menyebabkan asam lambung naik dan menyebabkan maag kambuh.

6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari
Makanan bergas

Makanan pertama yang harus dihindari makanan dan minuman yang bergas seperti kol, sawi, durian, makanan kering. ayuran-sayuran yang disebut sebelumnya merupakan sayuran cruciferous juga mengandung fodmap yang dapat menyebabkan kembung bagi sebagian orang.

Makanan berlemak

Makanan yang berlemak juga harus dihindari karena sangat sulit dicerna sehingga membuat lambung bekerja keras. Sebenarnya lemak juga merupakan asupan penting yang bisa memberikan energi bagi tubuh. Namun jika makanan dengan kadar lemak yang terlalu tinggi, justru tidak baik untuk kesehatan. Meskipun makanan berlemak biasanya cukup lezat untuk disantap, tapi sebaiknya dihindari ketika puasa. Makanan seperti jeroan, daging berlemak, gorengan, kulit ayam sebaiknya dihindari pada saat buka puasa maupun makan sahur.

Makanan Bersantan

Asupan makanan yang tidak terkontrol saat buka puasa bisa membuat kadar kolesterol meningkat, tekanan darah naik, kadar gula darah melambung, atau penyakit lain yang sudah bersarang kambuh kembali. Makanan bersantan merupakan salah satu jenis makanan yang punya andil cukup besar dalam masalah tersebut. Pada kadar tertentu, mengonsumsi santan yang berlebihan bisa memicu penyakit pembuluh darah seperti stroke, jantung, serta naiknya kadar asam urat, dan lain sebagainya.

Makanan pedas

Umumnya orang Indonesia menyukai makanan pedas. Namun makanan yang terlalu pedas juga merupakan makanan yang harus dihindari saat sahur dan berbuka. Usahakan untuk mengurangi tingkat kepedasan dari makanan yang dikonsumsi, meskipun makanan pedas dapat menggugah selera namun bisa membuat gangguan perut. Dalam jangka panjang, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas juga dapat mengakibatkan kerusakan pada dinding lambung.

Makanan yang terlalu manis

Ketika berbuka memang kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan manis, karena dapat mengembalikan kadar gula dalam tubuh dengan segera. Tetapi jangan asal manis, pilihlah makanan yang mengandung rasa manis alami seperti buah-buahan atau kurma. Makanan yang terlalu manis dan mengandung kadar gula tinggi dapat memicu penyakit diabetes.

Makanan Berat

Pantangan untuk memakan makanan berat ketika berbuka sebenarnya lebih dikhususkan pada penderita asam lambung. Apabila langsung mengonsumsi makanan berat, lambung akan terpicu untuk bekerja keras. Asam pun dihasilkan semakin banyak dan bila dilakukan terus menerus lama-kelamaan dinding lambung bisa luka dan menjadi masalah.

Makanan yang harus dihindari saat puasa tersebut sebaiknya Anda perhatikan ketika membuat daftar menu makanan selama puasa. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, maka puasa yang dijalani juga akan selalu sehat. (fam)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasar Ramadhan Kertoraharjo Jadi Tempat Favorit Mahasiswa Mencari Makanan Berbuka

Infokampus.news, Malang - Bulan puasa nyatanya membawa hikmah tersendiri bagi beberapa masyarakat. Banyak masyarakat yang berkesempatan untuk berjualan di area

Close