Supermoon Terbesar dan Langka, Yuk Saksikan Malam Ini!

Infokampus.news, Malang – Tepat malam ini, Indonesia kembali mendapat kesempatan menyaksikan fenomena alam Supermoon. Supermoon adalah fenomena ketika bulan yang berbentuk purnama akan terlihat lebih terang dan lebih besar dari biasanya. Seperti dilansir dari The Independent, supermoon kali ini akan menjadi yang terbesar selama 68 tahun terakhir.

Baca Juga :

Supermoon terjadi saat bulan berada tepat di titik terdekat dengan bumi. Bulan Purnama tersebut harus bersamaan dengan posisi Bulan yang sedang berada pada jarak terdekat dengan Bumi atau sedang di titik perigee.

Supermoon Terbesar, Sejak Tahun 1948

Sebelumnya supermoon sudah pernah terjadi beberapa tahun lalu. Bahkan pada tahun 1948, tercatat sebagai supermoon terbesar dengan jarak bumi dan bulan mencapai 356.461 kilometer pada saat itu. Sedangkan supermoon malam ini diperkiraan akan melebihi supermoon tahun 1948, dikarenakan jarak bumi dan bulan pada supermoon kali ini mencapai angka 356.500 kilometer.

Namun menariknya, supermoon kali ini bertepatan dengan gerhana bulan. Dilansir BBC, NASA memprediksikan bahwa fenomena ini tidak akan terjadi lagi sampai tahun 2033 mendatang.

Untuk kalian yang ingin menyaksikan fenomena alam yang sangat indah ini nanti malam, kalian bisa menyaksikan bulan secara penuh pada pukul 20.52 WIB. Oleh karena itu, bagi kalian yang penasaran dengan fenomena supermoon ini jangan lupa keluar pada waktu tersebut. Yang paling penting pastikan cuaca di sekitar rumahmu cerah ya dan gunakan peralatan yang aman untuk melindungi mata!

Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 Perguruan Tinggi Indonesia-Malaysia Deklarasi Penelitian Bersama

Sebanyak 16 perguruan tinggi Indonesia dan Malaysia mendeklarasikan SEAAM sebagai wadah dalam melakukan penelitian bersama.

Close