Tahun 2017, UB Pangkas Kuota Maba Hingga Tersisa 10.000 Kursi!

Infokampus.news, Malang – Tahun 2017 ini kampus Universitas Brawijaya (UB) akan memangkas jumlah penerimaan mahasiswa baru hingga ke angka 10.000 orang saja. Penurunan angka ini terbilang cukup signifikan dibandingkan tahun kemarin, kampus UB menerima sekitar 12.500 mahasiswa baru.

“Kita tahun ini terima 10.000 mahasiswa baru saja, karena akan dialokasikan untuk mahasiswa pascasarjana ini nanti oleh pak rektor,” papar Wakil Rektor 1 UB, Prof. Dr. Ir. Kusmartono.

Langkah ini dipilih atas usulan Menteri Ristekdikti untuk mengubah alokasi mahasiswa baru UB yaitu sarjana ke mahasiswa Pascasarjana.

“Jadi ini karena usulan menteri juga menurunkan angka maba sarjana untuk menambah mahasiswa pascasarjana ini,” tambahnya.

Pembagian Jumlah Mahasiswa Jalur Masuk Tahun 2017 Ini Lebih Tinggi SBMPTN

Disisi lain, sesuai dengan komando Kemenristekdikti untuk pengalokasian jumlah mahasiswa sesuai dengan jalur masuk, UB juga ikut merubah persentase mahasiswa jalur SNMPTN, SBMPTN dan juga Mandiri.

“Tahun ini kan 30% SNMPTN, 30% SBMPTN lalu 30% Mandiri, nah kita berunding kemarin sepakat menambah yang SBMPTN,” tuturnya ditemui di sela kesibukannya.

Kusmartono menjelaskan dengan adanya perubahan alokasi jalur masuk mahasiswa ini pihak kampus belum merasakan adanya perubahan, karena hanya angka saja yang berbeda.

“Tidak ada perubahan yang signifikan sih, cuma kalau tahun kemarin kita banyak yang SNMPTN tapi tahun ini kita banyak di SBMPTN itu saja,” pungkasnya. (pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tiap Tahun Rangking Peminat SNMPTN UB Naik, Tahun Ini Peringkat Berapa?

Diurutkan dari data mulai tahun 2015, peringkat peminat SNMPTN UB selalu naik setiap tahunnya dengan skala nasional

Close