Tahun Depan Kemristekdikti Buka Program Studi Perkeretaapian, Minat?

Infokampus.news – Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Paristiyanti Nurwardani mengatakan pada 2017 pihaknya tengah berencana membangun politeknik negeri, khusus membuka Program Studi Perkeretaapian.

“Ditargetkan pada 2017 ada dua Politeknik Negeri yang membuka prodi perkeretaapian,” ujar Paristiyanti melalui pernyataan resminya di Jakarta, Selasa (1/11).

Menurut Paristiyanti, pembukaan Prodi Perkeretaapian ini merupakan sebuah terobosan untuk memperkuat dan mematangkan kesiapan SDM bidang perkeretaapian di Indonesia. Pasalnya, sejauh ini program Prodi Perkeretaapian belum ada, sehingga nantinya penyiapan SDM perkeretaapian akan terintegrasi dan sinergi.

Baca Juga:

Dia menambahkan, terkait pembukaan Prodi Perkeretaapian, pihaknya akan mengembangkan pola ‘tripel helix’ yang melibatkan pemerintah, bisnis dan dunia pendidikan, khususnya perusahaan asal Tiongkok. Alasan dipilihnya negri tirai bambu tersebut sebagai mitra utama lantaran telah berhasil mengembangkan tranportasi kereta api.

Selain itu, dia mengaku Kemenristek Dikti telah menandatangani kerja sama dengan Tiongkok terkait pengembangan program perkeretaapian itu. Pihaknya akan memfasilitasi mahasiswa Indonesia melakukan pertukaran pelajar dengan Tiongkok baik itu untuk program magister maupun doktoral.

“Kami akan sinergi dengan perusahaan perkeretaapian dan juga perhubungan, dan kurikulumnya juga tengah dibahas bekerjasama dengan Tiongkok. Jadi semuanya akan ditanggung Tiongkok, termasuk biaya hidupnya. Dan kami membuka kesempatan itu,” terangnya.

“Bukan cuma Tiongkok, kami juga akan menggandeng sejumlah negara di Eropa dalam pengembangan kurikulum prodi perkeretaapian itu, antara lain Jerman dan Prancis,” tambahnya.

 

Sumber: Okezone

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Kontes Mobil Hemat Energi
Berbahan Bakar Listrik, Nogogeni Siap Juarai Kontes Mobil Hemat Energi!

Infokampus.news - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tak pernah absen unjuk gigi dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE). Pada kontes mobil

Close