UTBK SBMPTN 2019: Tak Ada Tes Susulan di Lain Hari

Infokampus.news – Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK SBMPTN) 2019 dilaksanakan mulai Sabtu (13/4) lalu. Tercatat, 136.502 peserta akan mengikuti tes hari pertama.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi menuturkan, UTBK SBMPTN digelar dalam dua sesi. Sebanyak 68.586 orang mengikuti sesi pagi yang dimulai pukul 07.30 sampai 11.45. Sementara itu, 67.916 peserta mengikuti sesi siang yang dimulai pukul 12.30 dan diakhiri pukul 16.45 WIB.

Ravik menegaskan, peserta harus hadir sesuai jadwal yang dipilih. Jika mendadak tidak bisa mengikuti tes sesuai jadwal dengan alasan apapun, tidak ada tes susulan di lain hari. ”Ya dianggap batal ikut UTBK,” kata Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta itu.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Ismunandar menyampaikan kepada peserta UTBK yang mulai ujian Sabtu lalu untuk santai saja. Karena semua soal mengukur potensi yang ada pada calon mahasiswa.

Sedangkan materi ujian akademik memiliki tujuan untuk mengukur pemahaman peserta UTBK SBMPTN. Soal-soal yang diujikan cenderung berkategori high order thinking skills (HOTS). Meskipun demikian, soal yang menuntut pemikiran tingkat tinggi tersebut bukan melulu soal yang sulit. Sebab inti soal HOTS menguji logika peserta ujian.

Baca Juga :  Berikut Ini Daya Tampung USU 2019 Sebagai Acuan Daftar SBMPTN

”Hadapi seperti ujian biasa,” tukas Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut. (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *