Tak Harus ke Rumah Sakit, Dosen UNISMA Ini Sarankan Masyarakat Pusatkan Pengobatan di Sini!

Infokampus.news, Malang – Rumah sakit saat ini layaknya puskesmas besar. Itulah yang dilihat oleh dosen Universitas Islam Malang sekaligus Doktor yang baru saja menuntaskan studinya di Universitas Indonesia, Dr. dr. Farida Rusnianah, M.Kes. Hal ini terjadi lantaran adanya paradigma dokter center, yakni pengobatan harus dilakukan oleh dokter yang ada di rumah sakit.

Dalam disertasinya, Doktor yang berhasil lulus dengan predikat sangat memuaskan ini mencoba untuk mengubah paradigma dokter dari dokter center menjadi pasien center.

“Jadi saya melakukan penelitian untuk Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Tempat Kerja (PPBTK)*, sebagai alternatif pembelajaran yang tidak semata berbasis universitas, dan untuk mencapai keahlian yang benar (true expert), model yang mampu laksana dan aplikatif. Model dirancang untuk meningkatkan kompetensi para dokter di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) tentang pelayanan komprehensif berpusat pada pasien.” Terangnya.

Sangat penting untuk meningkatkan kwalitas FKTP. Jika penanganan dan pelayanan pasien secara komprehensif sudah bisa berpusat di pelayanan kesehatan tingkat pertama, pasien tidak perlu lagi melakukan rujukan ke rumah sakit.

“Jadi yang perlu ke rumah sakit saja baru (pasien) ke sana, kalau penyakit yang masih bisa ditangani FKTP ya sudah disitu saja. Efektif dan efisien,” ungkap Doktor yang menamatkan S1 di Universitas Brawijaya dan S2 di UNAIR ini.

Meskipun ada beberapa kendala seperti kurangnya fasilitas kesehatan beberapa FKTP di Indonesia, namun ia optimis dan berharap nantinya penelitiannya ini dapat dipergunakan pada pusat pendidikan profesi lanjutan, pengembangan sumber daya manusia di kementerian kesehatan, lembaga surveyor FKTP, sebagai instrumen penilaian tentang pelayanan komprehensif berpusat pada pasien bagi dokter di FKTP. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
seleksi mandiri unud 2018
Informasi Pendaftaran Seleksi Mandiri UNUD 2018

Infokampus.news - Universitas Udayana (UNUD) membuka seleksi mahasiswa program sarjana dan diploma jalur mandiri. Seleksi mandiri UNUD 2018 ini merupakan

Close