Tanaman Organik Bebas Hama dan Lebih Bernutrisi dengan Vermikompos Ala Dosen UNISMA Ini

Infokampus.news, Malang – Agar produksi tanaman organik lebih melimpah, lebih bernutrisi dan bisa bebas dari hama penggunaan pupuk juga perlu diperhatikan. Adalah Dr. Ir. Nurhidayati, M.P dekan Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang (UNISMA) yang menemukan Vermikompos plus.

“Jadi vermikompos plus ini bahannya dari limbah pertanian dan peternakan yang diproses oleh cacing lumbricus rubellus. Cacing ini dia pemakan seresah sisa daun daunan, sisa jamur, sabut kelapa, seresah daun tebu, seresah jerami, kotoran sapi dan sisa sayuran di pasar.” ujarnya saat ditemui wartawan.

Selain itu, kompos unik ini juga diberi tambahan kandungan khusus agar hasilnya maksimal. “Disini kami beri nama plus karena ada bahan aditifnya yakni sisa tepung ikan dan tepung cangkang telur,” tambahnya.

Tanaman Organik Bisa Lebih Bernutrisi

Kegunaan dari gabungan ini mampu membuat tanaman memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi dan bebas hama. “Tanaman lebih tahan serangan hama dan buah kwalitasnya lebih baik, lalu sayur lebih bagus. Kwalitas gizi lebih tinggi,” ungkapnya.

Saat ini dirinya telah mencobakan vermikompos pada tanaman holtikultura seperti sawi, brokoli, kubis, tomat dan lombok. “Kemarin dicobakan pada jagung manis rasa jagungnya lebih manis. Kami sudah terapkan di beberapa tempat seperti Karangploso, Landungsari dan di sekitar kampus UNISMA.” Pungkasnya

Meski sudah sangat baik, namun ia masih ingin mengembangkan produknya yakni multi purpose semikompos. Karena dengan vermikompos beberapa tanaman masih bisa diserang hama. (Pus)

Berita Terkait

  • Infokampus.news, Malang - Universitas Islam Malang (UNISMA) menghadiri acara yang digelar oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan bertajuk “Malam Anugerah Kemahasiswaan Tahun 2017”. Acara tersebut bertempat di Hotel Atlet Century, Jakarta, Rabu (6/12). Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dan motivasi segala bentuk kegiatan Bidang Kemahasiswaan agar terus berkarya dalam penalaran, kreativitas, minat, bakat, serta mental spiritual mahasiswa. Pada kesempatan itu, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan…
  • Dosen UNISMA ini telah menghasilkan total sebanyak 73 buku selama hidupnya. Adalah Dr. Drs. Abdul Wahid S.H., M.A., yang mematahkan stigma
  • Memasuki usia ke-37 tahun, Universitas Islam Malang yakin akan raih akreditasi A. Rektor UNISMA Prof. Dr. H. Maskuri menyebutkan pihaknya

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mimpi dapat beasiswa Monbukagakusho?

Pada kesempatan kali ini infokampus.news akan membagikan info seputar beasiswa di Jepang. Penasaran? Mari kita sambut Beasiswa Monbukagakusho!

Close