TaniKita, Aplikasi Buatan Mahasiswa UB Yang Dapat Jadi Solusi Pertumbuhan Ekosistem Pertanian Indonesia

Infokampus.news, Malang – Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) kembali menorehkan prestasi. Kali ini, Tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) yang tegabung dalam Tim BCC – ADL membuat sebuah aplikasi bernama TaniKita. TaniKita sendiri merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai pembangun ekosistem pertanian Indonesia. Ketiga Mahasiswa tersebut adalah adalah Muhammad Abdan Mulia (2015), Rr. Dea Annisayanti Putri (2015) dan Kristina Lely Liana (2016). Ketiganya merupakan anggota Basic Computing Community (BCC) salah satu komunitas mahasiswa di FILKOM UB.

TaniKita Mendukung Pertumbuhan Ekosistem Pertanian Indonesia

Dijelaskan bahwa latar belakang pembuatan aplikasi ini dikarenakan jumlah lahan pertanian semakin menyusut dan banyaknya para sarjana pertanian yang bekerja tidak sesuai dengan bidangnya. Aplikasi TaniKita ini sendiri mampu mendukung pertumbuhan ekosistem pertanian Indonesia karena memiliki dua fitur utama. Pertama fitur yang mampu menghubungkan pemilik lahan dengan petani dan kedua adalah fitur yang mampu menghubungkan antara petani dengan para sarjana pertanian. Dengan fitur pertama maka akan membantu pemilik lahan untuk mengiklankan lahan yang ia miliki agar bisa dikerjakan oleh petani yang tidak memiliki lahan sendiri.

Sementara itu dengan fitur kedua akan memungkinkan petani untuk dapat berkonsultasi dengan para sarjana pertanian dalam rangka mengoptimalkan hasil panen dan mengurangi banyaknya lahan yang tidak produktif.

Aplikasi TaniKita Banyak Mendulang Prestasi

Selain itu, Aplikasi TaniKita sendiri mulai diakui dengan banyaknya prestasi atau penghargaan yang didapatkan. Aplikasi TaniKita berhasil membawa tim BCC – ADL sebagai 2nd runner up dalam ajang Compfest  9 kategori App Innovation Challenge (AIC) yang diselenggarakan Universitas Indonesia (1/10/2017). Sebelum babak final, terdapat dua tahap seleksi yang harus dilalui peserta meliputi seleksi proposal dan seleksi video tentang karya yang dibuat. Perlu diketahui terdapat lima kategori yang dilombakan dalam Compfest 9 meliputi App Innovation ChallengeBusiness IT CaseCompetitive Programming ContestCapture the Flag dan Indie Game Ignite. (uch)

 

Sumber : Humas UB

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Begini Bahagianya Para Mahasiswa Setelah Menonton GAC di Acara COFFEE TEP 2017

Graha Cakrawala UM terpantau meriah Pada Selasa (31/10) dikarenakan penyelenggaraan Coffee TEP 2017 yang diselenggarakan oleh HMJ TEP UM

Close