Taufik Ismail Dalam Gazebo Forum UMM

Infokampus.news, Malang – Sastrawan ternama Indonesia Taufik Ismail hadir dalam kegiatan Cangkrungan Multidisipliner Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Gazebo Forum. Acara yang digelar di area gazebo perpustakaan pusat UMM pada hari Sabtu (29/4) ini menyajikan sebuah bincang-bincang ringan tentang literasi sastra.

Taufik Ismail mengkritisi tentang literasi pelajar Indonesia saat ini. Ia mengatakan bahwa kecenderungan para pemuda untuk lebih memilih membaca media social daripada buku membuatnya miris.

“Paradigma baru yang berkembang sekarang mengarahkan pelajar lebih banyak gandrung pada media sosial. Kebiijakan terbaru, siswa SD diwajibkan menamatkan 3 judul buku sastra selama masa sekolah, SMP 6 judul buku, dan SMA 15 judul buku. Tapi nyatanya, ini jauh dari tercapai, bahkan 0 buku yang dibaca siswa. Ini menyedihkan sekali,” ujarnya.

Taufik Ismail Ajak Pemuda Bersastra

Taufik Ismail mengatakan bahwa membaca terutama karya-karya sastra sangatlah penting dalam kehidupan, Karena dengan karya sastra maka pemikiran akan terbarukan. “Definisi, sejarah, dan teori sastra itu bukan yang utama, tapi minat membaca dan nilai yang didapatnya,” tuturnya.

Untuk membagi pemikiran tersebut, panitia tidak hanya pasif terhadap generasi muda. Dalam kegiatan itu diundanglah ratusan siswa dari berbagai sekolah untuk menunjukkan literasi mereka lewat puisi-puisi buatan sendiri.

“Kami ingin memberikan pemahaman kepada para warga Indonesia khusunya pelajar dan mahasiswa agar dia memang betul-betul melek literasi. Harapannya mereka mau membaca dan menulis, salah satunya lewat jalur seni seperti ini,” terang panitia kegiatan itu Muhammad Irawan, M.Pd.

Acara tersebut adalah rangkaian dari sejumlah acara yang diadakan oleh UMM untuk menyambut bulan puisi nasional. “Kami juga mengadakan pelepasan balon udara berisi puisi-puisi karya para siswa untuk menyambut event yang kami sebut sebagai bulan kebangkitan Chairil Anwar ini,” terang Muhammad Irawan. (ART)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Masyarakat Atas Lingkungan Yang Baik Dan Sehat

Masyarakat memiliki hak untuk lingkungan yang baik dan sehat, UWG Malang mengadakan seminar untuk berbagi bagaimana cara pandang masyarakat melalui...

Close