Taun Kedua, Kampung Jambu Dersono Gondangmanis Jombang Sudah Mulai Dirancang!

Infokampus.news, Malang – Masih ingat jambu dersono gondangmanis? Jambu yang menjadi ikon di kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Jombang ini diklaim memiliki rasa yang berbeda dengan jambu dersono yang ditanam di daerah lain. Dr. Eny Dyah Yuniwati M.P., salah satu anggota dari tim yang mendampingi masyarakat di kecamatan ini membudidayakan jambu dersono, mengungkapkan pihaknya sudah mencapai progres yang signifikan di tahun kedua pendampingannya.
“Di tahun kedua budidaya ini saya berikan alat untuk membuat pupuk pestisida nabati, bahkan terakhir saya buatkan alat penyemprot pestisida khusus. Karena kan tinggi pohonnya 5 meter, saya punya ide mengkombinasikan dengan stik tongsis itu agar bisa jangkau ke atas.” Tukasnya saat ditemui wartawan.
Eny dan seorang dosen Universitas Wisnuwardhana Malang (UNIDHA) lainnya yakni  Prof. Dr. Ir. Indah Prihartini M.P.juga memperluas cakupan dengan melakukan program kemitraan wilayah pemerintah kabupaten Jombang.
“Selain itu kami juga bawa proposal ini ke Filipina kemarin dalam Konferensi Community Development agar masyarakat luar tahu bahwa produk ini ada dan unik,” Terangnya lagi.
Pada tahun pertama produksi selai, minuman, manisan, es krim, permen, dan jelly Jambu Dersono Gondangmanis dirasa sudah stabil, sehingga pihaknya akan segera meresmikan Kampung Jambu. Didesain seperti kampung coklat yang ada di Blitar, namun dikemas dengan konsep yang lebih kekinian untuk wisata alam dan edukasi.
“Saat ini sudah 50% lah progressnya, sedang mencari spot-spot juga di beberapa tempat begitu. Karena persiapannya harus matang,” Tandasnya. (Pus)

ADV-728_x_90

Baca Juga :  Ketua Ormawa Universitas Widyagama Malang Miliki Tiga Skill Kepemimpinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *