Teknik Pengembangan Pertanian Masa Depan Karya Dosen UNIDHA Ini Juarai Pameran Tingkat ASIA

Infokampus.news, Malang – Teknik pengembangan pertanian masa depan yang dirilis oleh dua dosen Universitas Wisnuwardhana Malang (UNIDHA) juarai kompetisi tingkat Asia yang digelar dalam ajang SEA TVET Smart Farmer 30 Agustus -2 September 2017 lalu. Adalah Dr. Eny Dyah Yuniwati S.P., M.Pd., Dr. Ir. Ratna Rositawati M.P. serta dua orang mahasiswa UNIDHA yakni Agus Musa dan Tiara Ratuningtyas yang melaju untuk memenangkan kompetisi ini.

“Untuk kompetisi ini yang kategori teacher ada 8 tim se-Asia yang menjadi rival kami, alhamdulillah saya dan bu Ratna berhasil menyisihkan 7 lainnya yang berasal dari SMK 2 Puger, SMA 1 Mojokerto, Filipina, Thailand, Kamboja, Vietnam.” tukas Eny pada tim infokampus.news.

Dalam kompetisi yang lain, dua orang mahasiswa pertanian Agus Musa dan Tiara Ratuningtyas mempersembahkan kewirausahaan dari produk Biochar temuan Eny.

“Mereka untuk yang konsen wirausaha biochar, inovasi ramah lingkungan untuk kesuburan tanah yang bisa dibuat pupuk dan sebagainya.” tambah dia.

Teknik Pengembangan Pertanian Masa Depan Ini Diklaim Mampu Digunakan di Indonesia

Teknik pertanian masa depan yang ia bawakan sendiri merupakan inovasi pemanfaatan air secara digital untuk pengelolaan sawah dan ternak ikan bersamaan.

“Pemanfaatan air secara digital untuk pengelolaan sawah terpadu berkelanjutan yakni ada sawah dan ternak ikan. Airnya diambil dengan sistem dari kincir angin nah kincir ini menggunakan remote,” Tandasnya.

Eny mengungkapkan sistem pertanian masa depan ini mampu diterapkan dalam sistem pertanian di Indonesia karena sistemnya yang sederhana namun memberikan hasil yang maksimal di waktu bersamaan. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fakultas Teknik UM Akan Segera Rilis Pendidikan Vokasional Prodi Tata Rias dan Pariwisata Tahun Ini

Fakultas Teknik UM (Universitas Negeri Malang) diperkirakan tahun ini akan segera merilis jurusan terbaru, yakni pendidikan vokasional Tata Rias dan...

Close