Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang Selenggarakan ECIVE

INFOKAMPUS.NEWS – Himpunan Mahasiswa Sipil Program Teknik Sipil S-1 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menggelar Lomba Kuat Tekan Beton ECIVE pada Sabtu, 7 Maret 2020.

Saat ditemui Tim Infokampus.news, Wahyu Bangkit Pangestuaji selaku Ketua Pelaksana ECIVE ITN Malang menjelaskan mengenai ECIVE dan LKTB (7/3/2020).

“ECIVE kepanjangan dari Education of Civil Engineering, khusus perlombaan untuk Teknik Sipil Se-Indonesia. Nah, salah satunya adalah Lomba Kuat Tekan Beton atau LKTB. Pesertanya mahasiswa Universitas, S1 maupun D3,” ujarnya.

ECIVE merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh ITN Malang dan pada tahun 2020 mengambil tema “Menumbuhkan jiwa kompetensi  antar anak bangsa agar, agar terciptanya penerus bangsa yang kreatif, inovatif dan kompeten”. Sedangkan LKTB tahun ketiga ini mengambil tema “Inovasi beton ramah lingkungan dan mutu tepat”.

“Temanya inovasi beton ramah lingkungan dan mutu tepat, jadi untuk inovasi beton ramah lingkungan, peserta dibebaskan menggunakan bahan tambah apapun yang pengaruhnya ramah lingkungan. Untuk mutu tepat, sesuai mutu rencana. Jadi sebelumnya kalau di beton itu dihitung perhitungannya ada mutu rencananya, mau berapa mpa, misalkan 25 mpa. Jadi nanti dihasil akhirnya setelah diuji kuat betonnya itu yang paling  tepat sesuai rencana awalnya itu yang nilainya paling tinggi,” papar mahasiswa Teknik Sipil ITN Malang ini.

LKTB tahun ini diikuti oleh 42 tim dari kampus di Indonesia. Satu tim terdiri dari tiga orang. ITN Malang tidak mengirimkan tim karena menjadi penyelenggara Lomba. Sedangkan Univeristas yang ikut berkompetisi pada ajang ini antara lain perwakilan dari UGM, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat, ITK Kalimantan, Universitas Mulawarman (Unmul), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Universitas Udayana (Unud), Universitas Pasir Pangaiaran dan kampus-kampus lain.

Peserta LKTB ECIVE ITN Malang mengikuti beberapa tahapan. Salah satunya adalah proses mixing beton yang dilakukan pada bulan November 2019 di kampus masing-masing dan dilakukan pengujian kekuatan beton pada bulan Desember 2019. Dari hasil seleksi, dipilih 10 tim terbaik. Peserta mempresentasikan hasilnya kepada Dewan Juri pada saat final 7 Maret 2020.

Juara LKTB EVITEC ITN Malang 2020

Pemenang LKTB ECIVE ITN Malang yang terpilih antara lain, Juara Pertama LKTB ECIVE ITN Malang  diraih oleh Tim Anak Sipasan dari Universitas Andalas (Unand), Juara Kedua diraih oleh Tim Doremi Cube dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Juara Ketiga diraih oleh Tim Malugaya dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Melalui ECIVE ini  diharapkan dapat menambah nilai kompetisi antar mahasiswa, antar pemuda juga menambah pengetahuan tentang beton itu sendiri,  engineer-engineer muda sipil di Indonesia. (Rfl)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *